Logo BeritaSatu

Presiden Ukraina Desak Tiongkok Tidak Membantu Rusia

Kamis, 4 Agustus 2022 | 08:03 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Canberra, Beritasatu.com- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak Tiongkok untuk tidak membantu Rusia. Seperti dilaporkan AP, Rabu (3/8/2022), Tiongkok tidak boleh membantu Rusia dalam perang melawan Ukraina dan setidaknya tetap bersikap netral.

Zelenskyy berbicara kepada 21 universitas Australia pada Rabu (3/8) dalam diskusi daring yang diselenggarakan oleh Universitas Nasional Australia di Canberra. Ditanya oleh seorang mahasiswa tentang sikap Tiongkok, Zelensky mengaku lebih suka Beijing bergabung dengan negara-negara termasuk Amerika Serikat dan Australia yang telah mengutuk invasi Rusia yang dimulai pada Februari.

“Untuk saat ini, Tiongkok sedang menyeimbangkan dan memang memiliki netralitas dan, saya akan jujur, netralitas ini lebih baik daripada Tiongkok bergabung dengan Rusia,” kata Zelensky melalui penerjemah dari Ukraina.

“Penting bagi kami bahwa Tiongkok tidak akan membantu Rusia,” tambah Zelensky.

Tiongkok telah menolak untuk mengkritik perang Rusia di Ukraina atau bahkan menyebutnya sebagai invasi untuk menghormati Moskwa. Pada saat yang sama, Tiongkok juga mengutuk sanksi yang dipimpin AS terhadap Rusia dan menuduh Barat memprovokasi Moskwa.

Presiden Tiongkok Xi Jinping mengatakan menjatuhkan sanksi dapat bertindak sebagai “pedang bermata dua,” dan bahwa komunitas global akan menderita karena “mempolitisasi, mekanisasi, dan mempersenjatai” tren ekonomi global dan arus keuangan.

Zelensky telah membahas forum universitas daring serupa: di Kanada pada bulan Juni dan di Jepang bulan lalu. Dia berterima kasih kepada pemerintah Australia karena memberi Ukraina lebih banyak dukungan daripada negara lain mana pun di luar NATO.

Menurut laporan Newsweek, Rabu (3/8), pasukan Rusia mengincar akses ke utara dari Ukraina selatan yang diduduki. Pihak berwenang di Kyiv menyatakan tindakan itu bisa membawa perang ke kampung halaman Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Kryvyi Rih.

“[Rusia] telah mulai membuat kelompok penyerang ke arah Kryvyi Rih. Kemungkinan besar juga bahwa musuh sedang mempersiapkan serangan balasan yang bermusuhan dengan rencana selanjutnya untuk mencapai batas administratif wilayah Kherson.,” kata Komando Militer selatan Ukraina.

Kryvyi Rih merupakan satu kota penghasil baja dengan populasi masa damai lebih dari 600.000 jiwa, lokasinya hanya berjarak 48 km dari garis depan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wapres: Perlu Kerja Bersama Turunkan Angka Stunting di Indonesia

Wapres KH Ma'ruf Amin menegaskan perlu kerja bersama yang makin intens antara semua stakeholder dalam menurunkan angka stunting di Indonesia.

NEWS | 7 Desember 2022

Destinasi Wisata di Nusa Penida Disiapkan Secara Optimal

Destinasi wisata Kepulauan Nusa Penida, Klungkung disiapkan secara optimal karena memiliki pemandangan alam yang indah yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

NEWS | 7 Desember 2022

Drone Serang Pangkalan Udara Rusia, Analis: Sistem Pertahanan Gagal

Dua serangan drone di pangkalan udara di dalam wilayah Rusia telah membuat Moskwa mendapat pukulan besar.

NEWS | 7 Desember 2022

Musra XIX Digelar di DIY Awal Tahun Depan

Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY bakal menjadi tuan rumah Musyawarah Rakyat alias Musra ke XIX bulan Januari tahun depan.

NEWS | 7 Desember 2022

Al Jazeera Ajukan Kasus Shireen Abu Akleh ke Pengadilan Internasional

Al Jazeera telah mengajukan kasus pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh, yang ditembak di kepala saat meliput serangan Israel ke Pengadilan Kriminal Internasional.

NEWS | 7 Desember 2022

Ganjar Pranowo dan Cerita Dapur Megawati di Kebagusan

Ganjar Pranowo mengaku banyak mendapat ilmu dan pengalaman politik di dapur rumah Megawati Soekarno Putri di Kebagusan, Jakarta Selatan.

NEWS | 7 Desember 2022

7 Desember, Polda Metro Uji Coba Tilang Elektronik Mobile

Polda Metro Jaya uji coba penindakan menggunakan sistem tilang elektronik mobile atau electronic traffic law enforcement/ETLE mobile mulai 7 Desember

NEWS | 6 Desember 2022

KKB Tembak Mati 3 Tukang Ojek di Pegunungan Bintang Papua

KKB tembak mati tiga tukang ojek di Kampung Mangabib, Distrik Oksebang Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

NEWS | 6 Desember 2022

Ganjar: Pemanfaatan Medsos Penting bagi Pemimpin Masa Kini

Ganjar Pranowo membeberkan pentingnya pemanfaatan medsos bagi pemimpin masa kini.  Medsos sangat penting untuk menjangkau banyak masyarakat.

NEWS | 6 Desember 2022

Foto Prewedding, Kaesang Sempat Kabur Saat Mau Didandani Rama Jee

Make up Artist (MUA) Rama Jee mengaku, Kaesang Pangarep sempat kabur saat akan didandani untuk foto prewedding.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Spanyol Tersingkir, Enrique: Saya Siap Bertanggung Jawab

Spanyol Tersingkir, Enrique: Saya Siap Bertanggung Jawab

SEMESTA BOLA 2022 | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE