Logo BeritaSatu

Korea Utara Sebut Pelosi Penghancur Perdamaian Internasional

Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:33 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Seoul, Beritasatu.com- Korea Utara (Korut) menyebut Ketua DPR AS Nancy Pelosi sebagai perusak terburuk perdamaian dan stabilitas internasional. Seperti dilaporkan AP, Sabtu (6/8/2022), Korut menuduh Pelosi menghasut sentimen anti-Korea Utara dan membuat marah Tiongkok selama tur Asia-nya awal pekan ini.

Pelosi melakukan perjalanan ke Korea Selatan setelah mengunjungi Taiwan, yang telah mendorong Tiongkok untuk meluncurkan latihan militer termasuk pelatihan serangan rudal di perairan dekat pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu. Tiongkok memandang Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya sendiri untuk dianeksasi secara paksa jika perlu.

Selama di Korea Selatan, Pelosi mengunjungi daerah perbatasan dengan Korea Utara dan membahas program nuklir Korea Utara dengan Ketua Majelis Nasional Korea Selatan Kim Jin Pyo. Menurut Kim, keduanya setuju untuk mendukung dorongan pemerintah mereka untuk denuklirisasi dan perdamaian di Semenanjung Korea berdasarkan pencegahan yang kuat dan diperluas terhadap Korea Utara dan diplomasi.

Pada Sabtu, Jo Yong Sam, direktur jenderal di departemen pers dan informasi Kementerian Luar Negeri Korea Utara, mengecam Pelosi atas kunjungannya ke perbatasan dan diskusi tentang pencegahan anti-Korea Utara.

"Pelosi, yang mendapat kecaman dari Tiongkok karena menghancurkan perdamaian dan stabilitas regional dengan mengunjungi Taiwan, menimbulkan suasana konfrontasi" dengan Korea Utara selama dia tinggal di Korea Selatan," kata Jo yang disiarkan oleh media pemerintah.

Menyebut Pelosi sebagai “perusak terburuk perdamaian dan stabilitas internasional,” ujar Jo yang berpendapat bahwa perilaku Pelosi di Korea Selatan jelas menunjukkan kebijakan bermusuhan pemerintahan Biden terhadap Korea Utara.

"Ini akan menjadi kesalahan fatal baginya untuk berpikir bahwa dia bisa bebas dari hukuman di Semenanjung Korea. AS harus membayar mahal untuk semua sumber masalah yang ditimbulkan olehnya ke mana pun dia pergi," kata Jo memperingatkan.

Kunjungan Pelosi ke Area Keamanan Bersama di perbatasan Korea pada hari Kamis menjadikannya orang Amerika paling terkenal yang pergi ke sana sejak kunjungan Presiden Donald Trump pada tahun 2019 untuk pertemuan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Selama kunjungan JSA-nya, Pelosi tidak membuat pernyataan publik yang kuat terhadap Korea Utara. Dia mengunggah beberapa foto dari JSA di Twitter dan menulis: “Kami menyampaikan rasa terima kasih kepada Kongres dan Negara atas layanan patriotik dari prajurit kami, yang berdiri sebagai penjaga Demokrasi di Semenanjung Korea.”

Korea Utara telah mengatakan tidak akan kembali ke pembicaraan denuklirisasi dan sebaliknya fokus pada perluasan program nuklirnya kecuali Amerika Serikat menghentikan kebijakan permusuhannya. Korut menggunakan referensi nyata terhadap sanksi internasional yang dipimpin AS terhadap Korea Utara dan latihan militer regulernya dengan Korea Selatan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Gelar Rapat untuk Matangkan Persiapan KTT G-20

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan rapat untuk mematangkan persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20.

NEWS | 3 Oktober 2022

Anies Capres, Ridwan Kamil Ucapkan Selamat sebagai Sahabat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan ucapan selamat kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres yang diusung Partai Nasdem.

NEWS | 3 Oktober 2022

DPR Pilih 9 Komisioner Komnas HAM, Ini Daftarnya

Komisi III DPR telah memilih sembilan komisioner Komnas HAM periode 2022-2027, Senin (3/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, Itsus dan Propam Periksa 18 Polisi

Inspektorat Khusus (Itsus) dan Divisi Propam Polri memeriksa 18 anggota Polri berkaitan dengan tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Polri Dalami Penggunaan Gas Air Mata

Polri saat ini tengah mendalami penerapan prosedur tetap (protap) pengunaan gas air mata untuk membubarkan massa di Stadion Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Andika Akan Sanksi Pidana Oknum Prajurit TNI yang Diduga Tendang Suporter

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menegaskan oknum prajurit TNI yang diduga menendang suporter dalam tragedi Kanjuruhan, bakal disanksi pidana.

NEWS | 3 Oktober 2022

Eksepsi Ditolak, Sidang Korupsi Rp 86,5 Triliun Surya Darmadi Dilanjutkan

Eksepsi atau keberatan bos PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng ditolak oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat.

NEWS | 3 Oktober 2022

Evaluasi Total Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Minta Menpora Panggil PSSI

Menko Polhukam Mahfud MD meminta Menpora Zainudin Amali untuk segera memanggil Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

NEWS | 3 Oktober 2022

Elektabilitas Puan Meningkat, Serangan Buzzer Tak Berpengaruh

Elektabilitas Puan Maharani berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia, terus meningkat.

NEWS | 3 Oktober 2022

Surya Paloh Beri Otoritas Penuh kepada Anies Tentukan Cawapres

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh memberikan otoritas penuh kepada Anies Baswedan untuk memilih sendiri calon wakil presiden (cawapres).

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Gelar Rapat untuk Matangkan Persiapan KTT G-20

Jokowi Gelar Rapat untuk Matangkan Persiapan KTT G-20

NEWS | 25 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings