Logo BeritaSatu

AS Setujui Vaksin Booster Pfizer untuk Omicron

Jumat, 2 September 2022 | 07:30 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Amerika Serikat (AS) menyetujui vaksin booster Pfizer yang diperbarui yang menargetkan varian Omicron. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Rabu (31/8/2022), produsen obat Pfizer menyatakan pihaknya memiliki dosis yang siap dikirim dan dapat mengirimkan hingga 15 juta dosis pada akhir minggu depan.

Langkah oleh Food and Drug Administration (FDA) pada hari Rabu mengubah resep dosis yang dibuat oleh Pfizer dan Moderna. Para pejabat berharap booster yang dimodifikasi akan menumpulkan gelombang musim dingin lainnya.

"Anda akan melihat saya di garis depan," kata kepala vaksin FDA, Peter Marks kepada The Associated Press sesaat sebelum agensinya menghapus dosis baru.

Hingga saat ini, vaksin Covid-19 telah menargetkan jenis virus corona asli, bahkan ketika mutan yang sangat berbeda muncul. Booster AS yang baru adalah tembakan kombinasi, atau "bivalen". Mereka mengandung setengah dari resep vaksin asli dan setengah perlindungan terhadap versi Omicron terbaru, yang disebut BA.4 dan BA.5, yang dianggap paling menular.

Kombinasi ini bertujuan untuk meningkatkan perlindungan silang terhadap beberapa varian.

“Ini benar-benar memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk perlindungan,” kata kepala vaksin Pfizer Annaliesa Anderson kepada AP.

Sebagai dosis tunggal, vaksin Moderna diizinkan untuk mereka yang berusia 18 tahun ke atas, sedangkan bakal bivalen Pfizer adalah untuk mereka yang berusia 12 tahun ke atas.

Pemerintah AS telah membeli 175 juta dosis vaksin booster dari kedua perusahaan. Pembelian merupakan upaya untuk mencegah efek terburuk dari potensi lonjakan infeksi baru ketika sekolah-sekolah kembali berkumpul dan orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan saat cuaca semakin dingin. Pfizer menyatakan dapat mengirimkan hingga 15 juta dosis tersebut pada 9 September.

Pada Juni, FDA eminta pembuat vaksin untuk menyesuaikan dosis ke dua subvarian yang bertanggung jawab atas lonjakan infeksi terbaru di seluruh dunia. Subvarian BA.5 saat ini menyumbang lebih dari 88 persen infeksi AS.

Vaksin booster yang diperbarui hanya untuk orang-orang yang telah mendapatkan vaksinasi utama mereka, menggunakan vaksin asli, dan tidak digunakan untuk vaksinasi awal.

Ada satu langkah lagi sebelum kampanye booster berikutnya dimulai: Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) harus merekomendasikan siapa yang harus mendapatkan suntikan tambahan.

Panel penasihat CDC yang berpengaruh akan memperdebatkan bukti pada Kamis – termasuk apakah orang yang berisiko tinggi untuk Covid-19 harus menjadi yang pertama.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top 5 News: Pengakuan Sambo soal Istrinya Diperkosa dan KKB Tembak Mati Tukang Ojek

Pengakuan Ferdy Sambo soal istrinya diperkosa Brigadir J dan Basarnas cari korban gempa Cianjur merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 7 Desember 2022

Inovasi Pendidikan Vokasi Untuk Kendaraan Listrik Indonesia Akan Terus Ditingkatkan

Inovasi-inovasi nyata karya anak bangsa untuk menangani krisis iklim semakin terakselerasi cepat, mulai dari tingkat SMK hingga perguruan tinggi.

NEWS | 7 Desember 2022

Wapres: Perlu Kerja Bersama Turunkan Angka Stunting di Indonesia

Wapres KH Ma'ruf Amin menegaskan perlu kerja bersama yang makin intens antara semua stakeholder dalam menurunkan angka stunting di Indonesia.

NEWS | 7 Desember 2022

Destinasi Wisata di Nusa Penida Disiapkan Secara Optimal

Destinasi wisata Kepulauan Nusa Penida, Klungkung disiapkan secara optimal karena memiliki pemandangan alam yang indah yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

NEWS | 7 Desember 2022

Drone Serang Pangkalan Udara Rusia, Analis: Sistem Pertahanan Gagal

Dua serangan drone di pangkalan udara di dalam wilayah Rusia telah membuat Moskwa mendapat pukulan besar.

NEWS | 7 Desember 2022

Musra XIX Digelar di DIY Awal Tahun Depan

Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY bakal menjadi tuan rumah Musyawarah Rakyat alias Musra ke XIX bulan Januari tahun depan.

NEWS | 7 Desember 2022

Al Jazeera Ajukan Kasus Shireen Abu Akleh ke Pengadilan Internasional

Al Jazeera telah mengajukan kasus pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh, yang ditembak di kepala saat meliput serangan Israel ke Pengadilan Kriminal Internasional.

NEWS | 7 Desember 2022

Ganjar Pranowo dan Cerita Dapur Megawati di Kebagusan

Ganjar Pranowo mengaku banyak mendapat ilmu dan pengalaman politik di dapur rumah Megawati Soekarno Putri di Kebagusan, Jakarta Selatan.

NEWS | 7 Desember 2022

7 Desember, Polda Metro Uji Coba Tilang Elektronik Mobile

Polda Metro Jaya uji coba penindakan menggunakan sistem tilang elektronik mobile atau electronic traffic law enforcement/ETLE mobile mulai 7 Desember

NEWS | 6 Desember 2022

KKB Tembak Mati 3 Tukang Ojek di Pegunungan Bintang Papua

KKB tembak mati tiga tukang ojek di Kampung Mangabib, Distrik Oksebang Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Top 5 News: Pengakuan Sambo soal Istrinya Diperkosa dan KKB Tembak Mati Tukang Ojek

Top 5 News: Pengakuan Sambo soal Istrinya Diperkosa dan KKB Tembak Mati Tukang Ojek

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE