Logo BeritaSatu

AS Setujui Vaksin Booster Pfizer untuk Omicron

Jumat, 2 September 2022 | 07:30 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Washington, Beritasatu.com- Amerika Serikat (AS) menyetujui vaksin booster Pfizer yang diperbarui yang menargetkan varian Omicron. Seperti dilaporkan Al Jazeera, Rabu (31/8/2022), produsen obat Pfizer menyatakan pihaknya memiliki dosis yang siap dikirim dan dapat mengirimkan hingga 15 juta dosis pada akhir minggu depan.

Langkah oleh Food and Drug Administration (FDA) pada hari Rabu mengubah resep dosis yang dibuat oleh Pfizer dan Moderna. Para pejabat berharap booster yang dimodifikasi akan menumpulkan gelombang musim dingin lainnya.

"Anda akan melihat saya di garis depan," kata kepala vaksin FDA, Peter Marks kepada The Associated Press sesaat sebelum agensinya menghapus dosis baru.

Hingga saat ini, vaksin Covid-19 telah menargetkan jenis virus corona asli, bahkan ketika mutan yang sangat berbeda muncul. Booster AS yang baru adalah tembakan kombinasi, atau "bivalen". Mereka mengandung setengah dari resep vaksin asli dan setengah perlindungan terhadap versi Omicron terbaru, yang disebut BA.4 dan BA.5, yang dianggap paling menular.

Kombinasi ini bertujuan untuk meningkatkan perlindungan silang terhadap beberapa varian.

“Ini benar-benar memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk perlindungan,” kata kepala vaksin Pfizer Annaliesa Anderson kepada AP.

Sebagai dosis tunggal, vaksin Moderna diizinkan untuk mereka yang berusia 18 tahun ke atas, sedangkan bakal bivalen Pfizer adalah untuk mereka yang berusia 12 tahun ke atas.

Pemerintah AS telah membeli 175 juta dosis vaksin booster dari kedua perusahaan. Pembelian merupakan upaya untuk mencegah efek terburuk dari potensi lonjakan infeksi baru ketika sekolah-sekolah kembali berkumpul dan orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan saat cuaca semakin dingin. Pfizer menyatakan dapat mengirimkan hingga 15 juta dosis tersebut pada 9 September.

Pada Juni, FDA eminta pembuat vaksin untuk menyesuaikan dosis ke dua subvarian yang bertanggung jawab atas lonjakan infeksi terbaru di seluruh dunia. Subvarian BA.5 saat ini menyumbang lebih dari 88 persen infeksi AS.

Vaksin booster yang diperbarui hanya untuk orang-orang yang telah mendapatkan vaksinasi utama mereka, menggunakan vaksin asli, dan tidak digunakan untuk vaksinasi awal.

Ada satu langkah lagi sebelum kampanye booster berikutnya dimulai: Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) harus merekomendasikan siapa yang harus mendapatkan suntikan tambahan.

Panel penasihat CDC yang berpengaruh akan memperdebatkan bukti pada Kamis – termasuk apakah orang yang berisiko tinggi untuk Covid-19 harus menjadi yang pertama.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Butuh Tenda Kecil, Pengungsi Gempa Cianjur Mulai Diserang Penyakit ISPA

Menurut Bupati Cianjur, tenda-tenda kecil dibutuhkan agar pengungsi bisa pindah ke depan rumahnya masing-masing guna menghindari penderita ISPA.

NEWS | 28 November 2022

Kemenkominfo Apresiasi Kerja Humas Pemerintah Selama G-20

Kemenkominfo memberi apresiasi atas hasil kerja keras kerja humas pemerintah, utamanya terkait komunikasi publik perhelatan Presidensi G-20 Indonesia.

NEWS | 28 November 2022

Longsor Tutup Jalan Lembang Maribaya

Material tanah longsor yang menutup badan jalan, membuat arus lalu lintas yang menghubungkan antardua desa dan sejumlah tempat wisata ditutup sementara.

NEWS | 27 November 2022

Ini Kronologi Helikopter Polri Hilang Kontak di Belitung Timur

Helikopter Polri hilang kontak di dekat perairan Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung pada hari ini, Minggu (27/11/2022).

NEWS | 27 November 2022

Putri Kim Jong-un Kembali Muncul, Panaskan Perdebatan Soal Suksesi

Putri Kim Jong-un pemimpin Korea Utara, kembali tampil di depan umum, kali ini dengan ilmuwan rudal dan berpose dengan tentara bersama sang ayah.

NEWS | 27 November 2022

Helikopter Hilang Kontak Milik Baharkam Membawa 4 Orang

Helikopter hilang kontak di dekat perairan Kabupaten Belitung Timur adalah milik Baharkam Polri yang dioperasikan Polda Kalimantan Tengah.

NEWS | 27 November 2022

Aksi Protes Kebijakan Nol-Covid Tiongkok Menyebar ke Seluruh Negeri

Aksi protes kebijakan nol Covid Tiongkok meluas setelah warga marah akibat kebijakan yang mengurung jutaan orang di dalam rumah.

NEWS | 27 November 2022

Tim SAR Gabungan Menuju Titik Jatuh Helikopter Polri di Belitung Timur

Tim SAR gabungan sekitar 40 personel telah berada di Pelabuhan Manggar dan bersiap menuju lokasi perairan yang diduga menjadi titik jatuhnya helikopter Polri.

NEWS | 27 November 2022

Dokter THT Sebut Profesi CS Rentan Alami Gangguan Pendengaran

Budi beberapa kali mendapat pasien dengan profesi customer service (CS) yang mengeluhkan masalah gangguan pendengaran.

NEWS | 27 November 2022

Helikopter Polri Hilang Kontak, Upaya Pencarian Dilakukan Besok

Sebuah helikopter Polri hilang kontak di sekitar Kepulauan Bangka Belitung sidang tadi, dan pencarian akan dilakukan besok.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Januari 2023, Timnas U-20 Jalani Pemusatan Latihan Piala Asia-Piala Dunia

Januari 2023, Timnas U-20 Jalani Pemusatan Latihan Piala Asia-Piala Dunia

BOLA | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE