Logo BeritaSatu

Korea Utara Bantah Jual Senjata ke Rusia

Sabtu, 24 September 2022 | 08:05 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Seoul, Beritasatu.com- Korea Utara membantah tuduhan telah menjual senjata ke Rusia. Seperti dilaporkan RT, Kamis (22/9/2022), seorang pejabat militer menyatakan Korea Utara tidak memiliki rencana untuk menjual senjata ke Rusia, menyebut gagasan itu sebagai "teori konspirasi" setelah pejabat AS mengklaim bahwa kesepakatan sedang dalam pengerjaan yang melibatkan "jutaan" peluru artileri dan roket.

Pada Rabu (21/9), lewat satu pernyyataan, Kementerian Pertahanan Pyongyang menanggapi tuduhan AS. Kementerian menyatakan bahwa meskipun tidak menerima hukuman PBB yang melarang semua penjualan senjata, Korea Utara juga tidak memiliki niat untuk mentransfer senjata ke Rusia.

“Kami tidak pernah mengekspor senjata atau amunisi ke Rusia di masa lalu, dan kami tidak memiliki rencana untuk melakukannya di masa depan,” kata seorang pejabat militer yang tidak disebutkan namanya, seperti dikutip di media pemerintah.

“Kami mengutuk keras dan dengan tegas memperingatkan Amerika Serikat. Negara-negara untuk berhenti secara sembrono menyebarkan teori konspirasi anti-DPRK untuk mengejar kekejaman politik dan militer yang kejam,” tambahnya.

Pertama kali dicatat dalam laporan New York Times yang mengutip materi intelijen AS yang "tidak diklasifikasikan", kesepakatan senjata itu kemudian mendapat kepercayaan resmi oleh wakil juru bicara Departemen Luar Negeri Vedant Patel.

Kepada wartawan, Patel mengatakan Rusia sedang dalam proses pembelian jutaan roket dan artileri. peluru dari Korea Utara untuk digunakan di Ukraina awal bulan ini.

Namun, Gedung Putih menarik kembali tuduhan itu segera setelah itu, dengan juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby menyatakan bahwa “tidak ada indikasi bahwa pembelian itu telah selesai dan tentu saja tidak ada indikasi bahwa senjata-senjata itu digunakan di dalam Ukraina.”

Utusan Moskwa untuk PBB, Vassily Nebenzia, sebelumnya telah menolak tuduhan itu sebagai "kepalsuan lain yang beredar."

Dugaan penjualan senjata oleh Pyongyang mencerminkan tuduhan serupa dari pejabat AS tentang transfer pesawat nirawak yang akan datang dari Iran ke Rusia.

Sedikit lebih dari dua minggu setelah Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan mengatakan Washington memiliki bukti yang jelas bahwa Iran sedang bersiap untuk mengirimkan "beberapa ratus" UAV bersenjata ke Rusia, Kirby kembali mengklarifikasi bahwa AS "tidak melihat indikasi apa pun dari pengiriman aktual dan/atau pembelian drone Iran oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

Teheran awalnya membantah rencana untuk berbagi teknologi drone dengan Moskwa, meskipun Pentagon terus mengklaim penjualan itu terjadi, menuduh "pengiriman pertama" drone pada akhir Agustus.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wapres: Perlu Kerja Bersama Turunkan Angka Stunting di Indonesia

Wapres KH Ma'ruf Amin menegaskan perlu kerja bersama yang makin intens antara semua stakeholder dalam menurunkan angka stunting di Indonesia.

NEWS | 7 Desember 2022

Destinasi Wisata di Nusa Penida Disiapkan Secara Optimal

Destinasi wisata Kepulauan Nusa Penida, Klungkung disiapkan secara optimal karena memiliki pemandangan alam yang indah yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

NEWS | 7 Desember 2022

Drone Serang Pangkalan Udara Rusia, Analis: Sistem Pertahanan Gagal

Dua serangan drone di pangkalan udara di dalam wilayah Rusia telah membuat Moskwa mendapat pukulan besar.

NEWS | 7 Desember 2022

Musra XIX Digelar di DIY Awal Tahun Depan

Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY bakal menjadi tuan rumah Musyawarah Rakyat alias Musra ke XIX bulan Januari tahun depan.

NEWS | 7 Desember 2022

Al Jazeera Ajukan Kasus Shireen Abu Akleh ke Pengadilan Internasional

Al Jazeera telah mengajukan kasus pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh, yang ditembak di kepala saat meliput serangan Israel ke Pengadilan Kriminal Internasional.

NEWS | 7 Desember 2022

Ganjar Pranowo dan Cerita Dapur Megawati di Kebagusan

Ganjar Pranowo mengaku banyak mendapat ilmu dan pengalaman politik di dapur rumah Megawati Soekarno Putri di Kebagusan, Jakarta Selatan.

NEWS | 7 Desember 2022

7 Desember, Polda Metro Uji Coba Tilang Elektronik Mobile

Polda Metro Jaya uji coba penindakan menggunakan sistem tilang elektronik mobile atau electronic traffic law enforcement/ETLE mobile mulai 7 Desember

NEWS | 6 Desember 2022

KKB Tembak Mati 3 Tukang Ojek di Pegunungan Bintang Papua

KKB tembak mati tiga tukang ojek di Kampung Mangabib, Distrik Oksebang Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

NEWS | 6 Desember 2022

Ganjar: Pemanfaatan Medsos Penting bagi Pemimpin Masa Kini

Ganjar Pranowo membeberkan pentingnya pemanfaatan medsos bagi pemimpin masa kini.  Medsos sangat penting untuk menjangkau banyak masyarakat.

NEWS | 6 Desember 2022

Foto Prewedding, Kaesang Sempat Kabur Saat Mau Didandani Rama Jee

Make up Artist (MUA) Rama Jee mengaku, Kaesang Pangarep sempat kabur saat akan didandani untuk foto prewedding.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dua Laga Besar Tersaji, Ini Jadwal Perempat Final Piala Dunia 2022

Dua Laga Besar Tersaji, Ini Jadwal Perempat Final Piala Dunia 2022

SEMESTA BOLA 2022 | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE