Logo BeritaSatu

Israel Akan Memasok Sistem Pertahanan Udara ke UEA

Minggu, 25 September 2022 | 09:03 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Tel Aviv, Beritasatu.com- Israel akan memasok sistem pertahanan udara ke Uni Emirat Arab (UEA). Seperti dilaporkan Reuters, Jumat (23/9/2022), sistem pertahanan udara SPYDER akan meningkatkan kemampuan UEA setelah diserang oleh pemberontak Houthi Yaman awal tahun ini.

Israel akan menjual sistem pertahanan udara canggih ke UEA yang mampu mempertahankan negara Teluk dari serangan pesawat nirawak, sebagai tanda lebih lanjut dari aliansi yang berkembang antara kedua negara.

Kantor berita Reuters melaporkan bahwa Israel telah menyetujui permintaan dari UEA untuk pencegat seluler SPYDER buatan Rafael, menurut dua sumber.

Sumber ketiga mengatakan bahwa UEA akan memperoleh teknologi Israel yang akan mampu mencegah terulangnya serangan pesawat nirawak yang melanda Abu Dhabi awal tahun ini.

Ram Ben-Barak, Ketua Komite Pertahanan Urusan Luar Negeri Parlemen Israel, ditanya tentang kesepakatan pada 20 September. Namun dia menolak berkomentar selain mengatakan bahwa ada kerja sama yang luas antara UEA dan Israel.

UEA telah menjadi sasaran serangan rudal dan pesawat tak berawak yang diklaim oleh pemberontak Houthi Yaman yang bersekutu dengan Iran. UEA adalah bagian aktif dari koalisi militer pimpinan Saudi yang memerangi Houthi di Yaman, sementara Israel dan UEA menormalkan hubungan pada tahun 2020.

Kesepakatan itu dikatakan telah dicapai musim panas ini, sekitar waktu Amerika Serikat dan Israel mendorong negara-negara Arab untuk menghubungkan sistem pertahanan udara mereka untuk melawan Iran.

Namun, usulan itu mendapat perlawanan dari beberapa negara Arab yang tidak memiliki hubungan dengan Israel, dan tidak pernah sepenuhnya dilaksanakan.

Rincian kesepakatan pertahanan udara tidak jelas, dengan jumlah pencegat yang akan dipasok oleh Israel, dan apakah mereka telah dikirim, tidak diketahui.

Pencegat rudal dipasang pada kendaraan dan digunakan untuk melawan ancaman jarak pendek hingga jarak jauh.

Tiga warga sipil tewas di Abu Dhabi pada Januari dalam serentetan serangan paling mematikan yang menargetkan UEA awal tahun ini, dan diyakini berasal dari Yaman.

Satu terminal yang sedang dibangun di bandara Abu Dhabi juga terkena, melukai pekerja, menurut sumber yang diberi pengarahan tentang serangan itu.

Sementara sebagian besar serangan yang dilakukan pada bulan Januari dan Februari dicegat oleh sistem pertahanan UEA yang dipasok Amerika Serikat saat ini, ancaman tersebut telah memaksa negara tersebut, yang telah lama diuntungkan dari reputasinya sebagai tempat yang aman dan stabil untuk melakukan bisnis, untuk meningkatkan kemampuan pertahanannya.

Kepada Reuters, sumber mengatakan beberapa rudal dan drone yang menghantam UEA lolos dari deteksi dengan terbang di ketinggian rendah, sehingga menghindari Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) dan pencegat Patriot buatan AS.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Libur Nataru, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Wisata Dalam Negeri

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk melakukan wisata dalam negeri saat libur nataru.

NEWS | 6 Desember 2022

Kuat Ma'ruf Mengaku Sempat Takut Ditembak Ferdy Sambo

Kuat Ma'ruf mengaku sempat takut ditembak Ferdy Sambo saat terjadinya pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 5 Desember 2022

Komisi III Minta Polisi Tindak Tegas dan Berantas Gangster

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni meminta kepada pihak kepolisian untuk menindak tegas dan memberantas gangster.

NEWS | 5 Desember 2022

Tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Gus Miftah Minta Maaf

Pendakwah Gus Miftah menyatakan permohonan maafnya karena tak bisa hadir dalam acara resepsi pernikahan yang akan digelar pasangan Kaesang-Erina.

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Lombok Tak Terdampak

Aktivitas penerbangan di Bandara Lombok, NTB hingga saat ini tidak terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

NEWS | 6 Desember 2022

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ricky Rizal mengubah keterangan bahwa terdakwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan ketika terjadi penembakan terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jateng

Saat ini ada sekitar 103 MPP di Indonesia dan 22 di antaranya di area Jateng. Ditargetkan, sebanyak 13 wilayah di Jateng akan punya MPP tidak lama lagi.

NEWS | 5 Desember 2022

PMI Dirikan 500 Huntara untuk Warga Korban Gempa Cianjur

PMI membangun hunian sementara (huntara) bagi korban gempa Cianjur di tiga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

NEWS | 6 Desember 2022

Hadapi Potensi Gempa, BNPB: Fasum dan Fasos Perlu Diperkuat

BNPB) mengimbau agar fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) perlu diperkuat untuk menghadapi potensi gempa.

NEWS | 6 Desember 2022

Erupsi Semeru, PLN Salurkan Bantuan Logistik dan Layanan Kesehatan

PLN menyalurkan bantuan logistik dan layanan kesehatan kepada warga yang terdampak bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kuat Ma ruf Mengaku Sempat Takut Ditembak Ferdy Sambo

Kuat Ma'ruf Mengaku Sempat Takut Ditembak Ferdy Sambo

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE