Logo BeritaSatu

Uni Eropa Yakin Putin Tak Menggertak Soal Senjata Nuklir

Minggu, 25 September 2022 | 09:31 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Brussels, Beritasatu.com- Uni Eropa (UE) meyakini Presiden Rusia Vladimir Putin tidak menggertak soal senjata nuklir. Seperti dilaporkan RT, Sabtu (24/9/2022), Perwakilan Tinggi UE untuk Urusan Luar Negeri Josep Borrell mengatakan ucapan presiden Rusia harus dianggap "serius".

"Ketika orang mengatakan itu bukan gertakan, Anda harus menganggapnya serius," kata Borrell kepada BBC.

Kepada BBC pada Sabtu, Borrell mengatakan percaya Presiden Rusia Vladimir Putin bersama-sama akan menggunakan senjata nuklir jika pasukan Moskwa terdesak. Borrell menyerukan kesepakatan damai, tetapi kesepakatan yang disarankannya kemungkinan tidak akan dimulai.

“Konflik di Ukraina telah mencapai momen berbahaya. Ini momen berbahaya karena tentara Rusia telah terpojok, dan reaksi Putin—mengancam menggunakan senjata nuklir—sangat buruk,” kata diplomat itu kepada penyiar Inggris.

Klaim Borrell bahwa militer Rusia telah terpojok kemungkinan didasarkan pada fakta bahwa Ukraina berhasil merebut petak besar tanah di wilayah Kharkov awal bulan ini.

Namun, pasukan Ukraina yang unggul secara numerik masih menelan banyak korban melawan kontingen Rusia dan sekutu yang relatif kecil, yang mundur tanpa menderita kerugian besar, menurut Moskwa.

Setelah serangan Ukraina, pada hari Rabu, Putin mengumumkan mobilisasi parsial sekitar 300.000 tentara, jumlah yang dikatakan Menteri Pertahanan Sergey Shoigu berjumlah 1% dari potensi mobilisasi penuh negara itu.

Putin juga memperingatkan bahwa Rusia akan mempertahankan wilayahnya – berpotensi termasuk republik Donbass Donetsk dan Lugansk, serta wilayah Zaporozhye dan Kherson setelah referendum minggu ini – dengan semua cara yang tersedia bagi kita,” termasuk “berbagai senjata pemusnah.

“Saya tidak menggertak,” tambah pemimpin Rusia itu.

Diplomat Uni Eropa, yang sebelumnya bersikeras bahwa perang ini akan dimenangkan di medan perang mengatakan bahwa “solusi diplomatik” harus dicapai. Meskipun demikian, solusi diplomatic itu harus tetap “melestarikan kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina.”

Selain fakta bahwa empat bekas wilayah Ukraina kemungkinan besar akan memilih untuk bergabung dengan Rusia dalam hitungan hari, definisi Borrell tentang integritas teritorial Ukraina kemungkinan besar sejalan dengan Presiden Ukraina Vladimir Zelensky, yang telah bersumpah untuk merebut dua republik Donbass. Pada 2014, Donbass mendeklarasikan kemerdekaan dari Ukraina dan Krimea, yang memilih untuk bergabung kembali dengan Rusia pada tahun yang sama.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PWNU Jabar: Khilafah Hanya Cara Adu Domba untuk Tujuan Politik

PWNU Jabar menyatakan, argumen khilafah yang diusung oleh kelompok tertentu hanya cara untuk mengadu domba guna mewujudkan tujuan politik.

NEWS | 6 Desember 2022

Ricky Rizal Dianggap Berbohong dalam Sidang, Ini Respons Kuasa Hukum

Ricky Rizal ditegur Ketua Majelis Hakim Wahyu Imam Santosa dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J. Ricky Rizal dinilai berbohong

NEWS | 6 Desember 2022

Libur Nataru, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Wisata Dalam Negeri

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk melakukan wisata dalam negeri saat libur nataru.

NEWS | 6 Desember 2022

Kuat Ma'ruf Mengaku Sempat Takut Ditembak Ferdy Sambo

Kuat Ma'ruf mengaku sempat takut ditembak Ferdy Sambo saat terjadinya pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 5 Desember 2022

Komisi III Minta Polisi Tindak Tegas dan Berantas Gangster

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni meminta kepada pihak kepolisian untuk menindak tegas dan memberantas gangster.

NEWS | 5 Desember 2022

Tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Gus Miftah Minta Maaf

Pendakwah Gus Miftah menyatakan permohonan maafnya karena tak bisa hadir dalam acara resepsi pernikahan yang akan digelar pasangan Kaesang-Erina.

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Lombok Tak Terdampak

Aktivitas penerbangan di Bandara Lombok, NTB hingga saat ini tidak terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

NEWS | 6 Desember 2022

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ricky Rizal mengubah keterangan bahwa terdakwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan ketika terjadi penembakan terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jateng

Saat ini ada sekitar 103 MPP di Indonesia dan 22 di antaranya di area Jateng. Ditargetkan, sebanyak 13 wilayah di Jateng akan punya MPP tidak lama lagi.

NEWS | 5 Desember 2022

PMI Dirikan 500 Huntara untuk Warga Korban Gempa Cianjur

PMI membangun hunian sementara (huntara) bagi korban gempa Cianjur di tiga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Spanyol Latihan 1.000 Penalti Sebelum Piala Dunia 2022

Spanyol Latihan 1.000 Penalti Sebelum Piala Dunia 2022

SEMESTA BOLA 2022 | 21 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE