Logo BeritaSatu

Swedia Catat Tahun Kekerasan Senjata Paling Mematikan

Minggu, 25 September 2022 | 10:32 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Stockholm, Beritasatu.com- Swedia mencatat tahun kekerasan senjata paling mematikan. Seperti dilaporkan Xinhua, Jumat (23/9/2022), 48 orang sejauh ini telah ditembak mati di Swedia tahun 2022.

Pada Jumat, Otoritas Kepolisian Swedia menjadikan 2022 tahun paling mematikan di negara itu sejak 2016. Rekor tahunan sebelumnya ditetapkan pada tahun 2020, ketika 47 orang meninggal karena cedera terkait senjata.

Dalam beberapa tahun terakhir, penembakan paling fatal terjadi di wilayah Stockholm. Otoritas Kepolisian mengatakan kepada harian Swedia Dagens Nyheter (DN) pada Agustus bahwa situasinya "sangat serius, terutama di Stockholm, karena banyak konflik kriminal paling serius terjadi di sana.

Pihak kepolisian sedang mengatakan sedang bekerja untuk meningkatkan kesiapsiagaannya untuk mencegah kekerasan berat dan kejahatan geng.

"Terlepas dari kenyataan bahwa kami telah melakukan investasi terbesar dalam sejarah dalam penegakan hukum dan memiliki lebih banyak petugas polisi daripada sebelumnya, dan meskipun ada rekor jumlah penjahat yang ditangkap dan dijatuhi hukuman penjara yang lama, penembakan terus berlanjut," kata Menteri Kehakiman dan Dalam Negeri Urusan Morgan Johansson.

Menurut Johansson, penembakan terus berlanjut karena untuk setiap pelaku yang ditangkap, setidaknya ada satu orang lagi yang siap mengisi posisi yang menjadi kosong.

Satu laporan yang dipresentasikan oleh Dewan Nasional Swedia untuk Pencegahan Kejahatan musim semi lalu menunjukkan bahwa Swedia adalah satu-satunya di antara 22 negara yang dibandingkan di Eropa, tempat tren penembakan fatal terus meningkat.

Peningkatan penembakan fatal di Swedia dimulai pada pertengahan 2000-an, tetapi peningkatan tersebut mendapatkan momentum baru pada tahun 2013 dan terus berlanjut.

Menurut laporan itu, delapan dari sepuluh penembakan fatal di Swedia terjadi di lingkungan geng. Otoritas Kepolisian mengidentifikasi 61 daerah di negara itu yang "sangat rentan" terhadap kejahatan jalanan dan perdagangan narkoba.

Kejahatan dan kekerasan senjata menjadi agenda utama dalam pemilihan umum Swedia baru-baru ini. Politisi dari semua partai besar berjanji untuk mengatasi tingkat kejahatan yang melonjak. Pemilihan tersebut melihat Demokrat Swedia yang anti-imigrasi sayap kanan menjadi partai terbesar kedua di negara itu dengan lebih dari 20 persen dukungan rakyat.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ricky Rizal Dianggap Berbohong dalam Sidang, Ini Respons Kuasa Hukum

Ricky Rizal ditegur Ketua Majelis Hakim Wahyu Imam Santosa dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J. Ricky Rizal dinilai berbohong

NEWS | 6 Desember 2022

Libur Nataru, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Wisata Dalam Negeri

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk melakukan wisata dalam negeri saat libur nataru.

NEWS | 6 Desember 2022

Kuat Ma'ruf Mengaku Sempat Takut Ditembak Ferdy Sambo

Kuat Ma'ruf mengaku sempat takut ditembak Ferdy Sambo saat terjadinya pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 5 Desember 2022

Komisi III Minta Polisi Tindak Tegas dan Berantas Gangster

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni meminta kepada pihak kepolisian untuk menindak tegas dan memberantas gangster.

NEWS | 5 Desember 2022

Tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Gus Miftah Minta Maaf

Pendakwah Gus Miftah menyatakan permohonan maafnya karena tak bisa hadir dalam acara resepsi pernikahan yang akan digelar pasangan Kaesang-Erina.

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Lombok Tak Terdampak

Aktivitas penerbangan di Bandara Lombok, NTB hingga saat ini tidak terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

NEWS | 6 Desember 2022

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ricky Rizal mengubah keterangan bahwa terdakwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan ketika terjadi penembakan terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jateng

Saat ini ada sekitar 103 MPP di Indonesia dan 22 di antaranya di area Jateng. Ditargetkan, sebanyak 13 wilayah di Jateng akan punya MPP tidak lama lagi.

NEWS | 5 Desember 2022

PMI Dirikan 500 Huntara untuk Warga Korban Gempa Cianjur

PMI membangun hunian sementara (huntara) bagi korban gempa Cianjur di tiga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

NEWS | 6 Desember 2022

Hadapi Potensi Gempa, BNPB: Fasum dan Fasos Perlu Diperkuat

BNPB) mengimbau agar fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) perlu diperkuat untuk menghadapi potensi gempa.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Fajar/Rian Sabet SabetMost Improved Player of The Year dari BWF

Fajar/Rian Sabet SabetMost Improved Player of The Year dari BWF

SPORT | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE