Logo BeritaSatu

Satu dari Lima Pemuda Perkotaan Tiongkok Menganggur

Minggu, 25 September 2022 | 12:27 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beijing, Beritasatu.com- Satu dari lima pemuda di Perkotaan Tiongkok dalam status menganggur. Tingkat pengangguran kaum muda Tiongkok telah berulang kali mencapai level tertinggi baru tahun 2022. Seperti dilaporkan CNN, Senin (19/9/2022), tingkat penggangguran Tiongkok naik dari 15,3% pada bulan Maret ke rekor 18,2% pada bulan April.

Tingkat pengangguran itu terus naik untuk beberapa bulan ke depan, mencapai 19,9% pada bulan Juli. Satu rekor 10,76 juta lulusan perguruan tinggi memasuki pasar kerja tahun ini, pada saat ekonomi Tiongkok kehilangan kemampuan untuk menyerap mereka.

Data dari Biro Statistik Nasional, tingkat pengangguran turun sedikit menjadi 18,7% pada bulan Agustus, tetapi masih tetap di antara yang tertinggi.

Data itu berarti saat ini ada sekitar 20 juta orang berusia 16 hingga 24 tahun yang kehilangan pekerjaan di kota-kota besar, menurut perhitungan CNN berdasarkan statistik resmi yang menempatkan populasi pemuda perkotaan sebesar 107 juta jjiwa. Pengangguran pedesaan tidak termasuk dalam data resmi.

“Ini tentu saja merupakan krisis pekerjaan terburuk bagi kaum muda di Tiongkok dalam lebih dari empat dekade,” kata Willy Lam, peneliti senior Yayasan Jamestown di Washington D.C.

“Pengangguran massal merupakan tantangan besar bagi Partai Komunis,” katanya, seraya menambahkan bahwa memberikan pertumbuhan ekonomi dan stabilitas pekerjaan adalah kunci legitimasi Partai.

Mungkin tidak ada krisis yang lebih terlihat selain di sektor teknologi, yang telah menderita akibat tindakan keras peraturan oleh pemerintah dan sanksi AS yang luas terhadap Tiongkok.

Industri yang dulunya bebas roda telah lama menjadi sumber utama pekerjaan bergaji tinggi bagi pekerja muda berpendidikan di Tiongkok, tetapi perusahaan-perusahaan besar sekarang melakukan perampingan pada skala yang tidak pernah terlihat sebelumnya.

Alibaba (BABA), e-commerce dan raksasa komputasi awan, baru-baru ini membukukan pertumbuhan pendapatan datar untuk pertama kalinya sejak menjadi perusahaan publik delapan tahun lalu. Ini mengurangi tenaga kerjanya lebih dari 13.000 dalam enam bulan pertama tahun ini.

Tencent (TCEHY), raksasa media sosial dan game, melepas hampir 5.500 karyawan dalam tiga bulan hingga Juni. Ini adalah kontraksi terbesar dalam tenaga kerjanya dalam lebih dari satu dekade, menurut catatan keuangannya.

“Pentingnya pemotongan industri teknologi terbaru ini tidak dapat diremehkan,” kata Craig Singleton, peneliti senior Tiongkok di Foundation for Defense of Democracies yang berbasis di Washington DC.

Krisis pekerjaan di sektor teknologi, yang pernah diproklamasikan oleh pemimpin industri Tiongkok Xi Jinping akan mendorong fase berikutnya dari pembangunan Tiongkok, dapat merusak ambisinya untuk mengubah negara itu menjadi pemimpin inovasi dan negara adidaya teknologi global dalam dua hingga tiga dekade mendatang.

“Pemotongan terbaru ini merupakan ancaman ganda bagi Beijing ke depan, tidak hanya ribuan orang yang tiba-tiba kehilangan pekerjaan, tetapi sekarang raksasa teknologi Tiongkok ini akan memiliki lebih sedikit karyawan yang memenuhi syarat untuk membantu mereka berinovasi dan meningkatkan skala untuk menghadapi Barat yang menjadi pesaing mereka,” kata Singleton.

"Ada pepatah di kalangan bisnis bahwa 'jika Anda tidak tumbuh, Anda sekarat,' dan kebenaran sederhana itu mengancam untuk melemahkan ambisi teknologi Tiongkok yang lebih luas," tambahnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ricky Rizal Dianggap Berbohong dalam Sidang, Ini Respons Kuasa Hukum

Ricky Rizal ditegur Ketua Majelis Hakim Wahyu Imam Santosa dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J. Ricky Rizal dinilai berbohong

NEWS | 6 Desember 2022

Libur Nataru, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Wisata Dalam Negeri

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk melakukan wisata dalam negeri saat libur nataru.

NEWS | 6 Desember 2022

Kuat Ma'ruf Mengaku Sempat Takut Ditembak Ferdy Sambo

Kuat Ma'ruf mengaku sempat takut ditembak Ferdy Sambo saat terjadinya pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 5 Desember 2022

Komisi III Minta Polisi Tindak Tegas dan Berantas Gangster

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni meminta kepada pihak kepolisian untuk menindak tegas dan memberantas gangster.

NEWS | 5 Desember 2022

Tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Gus Miftah Minta Maaf

Pendakwah Gus Miftah menyatakan permohonan maafnya karena tak bisa hadir dalam acara resepsi pernikahan yang akan digelar pasangan Kaesang-Erina.

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Semeru, Penerbangan di Bandara Lombok Tak Terdampak

Aktivitas penerbangan di Bandara Lombok, NTB hingga saat ini tidak terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

NEWS | 6 Desember 2022

Ubah Keterangan, Ricky Rizal Sebut Ferdy Sambo Tak Gunakan Sarung Tangan

Ricky Rizal mengubah keterangan bahwa terdakwa Ferdy Sambo tidak menggunakan sarung tangan ketika terjadi penembakan terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Desember 2022

Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jateng

Saat ini ada sekitar 103 MPP di Indonesia dan 22 di antaranya di area Jateng. Ditargetkan, sebanyak 13 wilayah di Jateng akan punya MPP tidak lama lagi.

NEWS | 5 Desember 2022

PMI Dirikan 500 Huntara untuk Warga Korban Gempa Cianjur

PMI membangun hunian sementara (huntara) bagi korban gempa Cianjur di tiga desa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

NEWS | 6 Desember 2022

Hadapi Potensi Gempa, BNPB: Fasum dan Fasos Perlu Diperkuat

BNPB) mengimbau agar fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) perlu diperkuat untuk menghadapi potensi gempa.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Fajar/Rian Sabet SabetMost Improved Player of The Year dari BWF

Fajar/Rian Sabet SabetMost Improved Player of The Year dari BWF

SPORT | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE