Logo BeritaSatu

Tes Pramusim MotoGP di Mandalika, PLN Siapkan Infrastruktur Kelistrikan

Minggu, 9 Januari 2022 | 11:56 WIB
Oleh : Awal Ahmad / LES

Mataram, Beritasatu.com – Ajang balap motor dunia MotoGP musim 2022 akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, NTB, Indonesia pada 20 Maret mendatang. Tes pramusim akan digelar di Mandalika ini pada 13-15 Februari mendatang. Menjelang uji coba tersebut, pihak PLN kembali mempersiapkan infrastruktur kelistrikan di beberapa lokasi.

Setelah sebelumnya sukses di ajang Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) di bulan November 2021, PLN berkomitmen untuk menghadirkan layanan Zero Down Time (ZDT) untuk gelaran MotoGP.

Untuk merealisasikan layanan ZDT, saat ini PLN telah melakukan beberapa persiapan di lokasi. Di antaranya adalah inventarisasi ulang kebutuhan material dan juga peralatan cadangan, pengerjaan beberapa pekerjaan sipil, pemasangan kabel di beberapa titik dan mobilisasi beberapa peralatan ke sirkuit.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Lasira mengungkapkan, PLN masih menggunakan konfigurasi jaringan pada saat WSBK. Sumber pasokan listrik dari dua Gardu Induk (GI), yakni GI Kuta dan GI Sengkol.

“Sebanyak 18 unit gen set, 17 unit Uninterruptible Power Supply dan 6 buah Unit Gardu Bergerak akan tetap kami siapkan sebagai peralatan back-up apabila terjadi gangguan pada suplai utama”, jelas Lasiran.

Lasiran juga menjelaskan, PLN terus berkoordinasi dengan PT ITDC. Utamanya, terkait dengan titik-titik di area sirkuit yang memerlukan aliran listrik. Sebelumnya, pada gelaran WSBK lalu, PLN menyiapkan pasokan listrik di enam lokasi tersebar, yakni main pit building, observation deck, medical center, bright sore, race control dan juga TV compound.

“Terdapat satu lokasi tambahan yang harus dipersiapkan kebutuhan listriknya oleh PLN, yaitu VIP Village. Saat ini, proses penyambungannya sedang dikerjakan oleh tim di lapangan”, tutur Lasiran.

Di sisi pembangkitan, PLN juga memastikan bahwa kondisi sistem dalam status normal. Saat ini beban puncak Sistem Kelistrikan Lombok adalah 264 MW dengan daya mampu pembangkit adalah sebesar 329 MW. Terdapat cadangan daya sebesar 65 MW yang masih dapat digunakan oleh masyarakat.

“Untuk kesiapan energi primer juga aman. Kesiapan batu bara dan juga kemampuan pembangkit, terus kami pantau hingga gelaran MotoGP terlaksana di bulan Maret mendatang”, jelas Lasiran.

Tak hanya kelistrikan di area sirkuit saja, PLN juga mempersiapkan keandalan kelistrikan pada fasilitas pendukung seperti hotel, masjid yang berada di daerah Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. PLN juga telah menyiapkan personel dan juga peralatan pendukung yang akan siaga selama pelaksanaan MotoGP.

“Seluruh lini sudah mulai bergerak. Tentunya kami akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk menyukseskan MotoGP. Kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat, supaya semua upaya dapat berjalan dengan lancar”, pungkas Lasiran.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Baru Diduetkan, Ryan Lalisang dan Hardy Raih Emas SEA Games

Ryan Lalisang dan Hardy Ramhadian yang baru dipasangkan sukses merebut emas boling SEA Games 2021 dari nomor ganda putra.

SPORT | 17 Mei 2022

Juara Grup A, Tim Voli Putra ke Semifinal SEA Games

Tim bola voli indoor putra menjadi juara Grup A SEA Games 2021 Vietnam. Mereka juga memastikan ke semifinal.

SPORT | 17 Mei 2022

Enea Bastianini Menang karena Menyerang di Saat yang Tepat

Pembalap Gresini Racing Team, Enea Bastianini, menegaskan kemenangannya di MotoGP Prancis, karena dia "menyerang" di saat yang tepat.

SPORT | 17 Mei 2022

Dukung E-Sports, Ichitan Gelar Mobile Legend Championship

Ichitan, perusahaan yang fokus pada produk ready to drink, menggelar Mobile Legends Championship berskala nasional.

SPORT | 17 Mei 2022

Tim Bulutangkis Putra Terhenti di Semifinal SEA Games 2021

Kekalahan 2-3 dialami tim bulutangkis putra Indonesia dari Thailand setelah tiga nomor tunggal gagal menyumbang kemenangan di babak semifinal SEA Games 2021.

SPORT | 17 Mei 2022

SEA Games: Eki Febri Raih Emas Pertama dari Atletik

Eki Febri meraih emas SEA Games 2021 setelah mencatatkan lemparan 15,20 meter dan ini menjadi mdali ketiga setelah emas SEA Games 2017 dan perak 2019.

SPORT | 17 Mei 2022

Melaju ke Asian Games, Timnas Hoki Minta Dukungan Kemenpora

Ketua Umum PP FHI, Mayjen Budi Sulistijono mengharapkan dukungan pemerintah dalam hal ini setelah timnas hoki lolos ke Asian Games 2022.

SPORT | 17 Mei 2022

Apriyani/Fadia Siap Beri yang Terbaik di SEA Games

Setelah menjalani debut, chemistry Apriyani/Fadia perlahan sudah mulai terbentuk karena mereka juga sebelumnya sudah sering latihan bersama.

SPORT | 17 Mei 2022

SEA Games: Tim Bulutangkis Indonesia Andalkan Ganda Putri di Final

Tim bulutangkis putri Indonesia patut mewaspadai Thailand di final SEA Games 2021, Rabu (18/5/2022).

SPORT | 17 Mei 2022

Tim Bulutangkis Putri Indonesia Melaju ke Final SEA Games

Tim bulutangkis putri Indonesia melaju ke final beregu SEA Games 2021 setelah mengalahkan tuan rumah Vietnam 3-1, Selasa (17/5/2022).

SPORT | 17 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

NEWS | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings