Logo BeritaSatu

Lonjakan Omicron, Lalu Zohri Batal ke Kazakhstan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:23 WIB
Oleh : BW

Jakarta, Beritasatu.com - Lalu Muhammad Zohri dan kawan-kawan batal bertolak ke Kazakhstan tahun ini setelah Kejuaraan Atletik Indoor Asia di Nur Sultan dipastikan kembali mundur ke 2023 karena lonjakan kasus Covid-19 varian baru, Omicron.

Melalui akun resmi Instagram, Sabtu (15/1/2022), Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) mengumumkan 9th Asian Indoor Athletics Championships yang seharusnya bergulir di Nur Sultan pada 11-13 Februari 2022, ditunda. Awalnya, kejuaraam ini akan digelar di Hangzhou, Tiongkok pada 12-13 Februari 2021.

"Setelah melalui pertimbangan yang berat dan penuh sesal, kami menunda Kejuaraan Atletik Indoor Asia 2022 yang berlangsung di Nur Sultan, Kazakhstan. Mengenai hal tersebut, PB PASI ingin menginformasikan bahwa kejuaraan dalam ruangan Asia ke-9 itu telah ditunda menjadi Februari 2023 karena lonjakan kasus Covid-19-Omicron," demikian pengumuman PB PASI melalui Instagram.

Ajang 9th Asian Indoor Athletics Championships sebenarnya merupakan agenda pertama PB PASI dalam kalender 2022. Semula dalam ajang tersebut, Indonesia berencana menurunkan tujuh atlet terbaik. Mereka adalah Lalu Muhammad Zohri, Barik Abrar, Sapwaturrahman, Tyas Murtiningsih, Sri Maya Sari, Maria Natalia Londa, dan Emilia Nova.

Zohri rencananya turun pada nomor lari jarak pendek 60m putra, sementara Tyas Murtiningsih pada 60m putri. Pada nomor lompat jauh, ada nama Barik Abrar dan Sapwaturrahman pada sektor putra, serta Maria Natalia Londa di sektor putri. Sisanya, Sri Maya Sari pada nomor lari 400m putri dan Emilia Nova turun pada nomor 60m lari gawang putri.

Namun, atlet Indonesia tampaknya harus lebih bersabar untuk kembali berlaga dalam kompetisi internasional. Berdasarkan kalender PB PASI, ajang internasional terdekat setelah batalnya Kejuaraan Atletik Indoor Asia 2022 adalah Asian Youth Athletics Championships di Muscat, Oman, pada 4-5 Maret.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB PASI Tigor Tanjung sebelumnya berharap 2022 akan lebih baik, khususnya terkait pandemi Covid-19.

"Sehingga kegiatan kami terus berjalan, baik dalam berlatih maupun kompetisi. Semoga semuanya juga dalam keadaan sehat," kata Tigor.

Indonesia bakal menghadapi ajang besar, termasuk dua multievent yang menjadi tujuan utama pada tahun ini, yakni SEA Games Hanoi, Vietnam pada 12-23 Mei dan Asian Games Hangzhou, Tiongkok, 10-25 September.

Sebelum dua pesta olahraga tersebut, PASI berencana mengirim atlet ke berbagai single event untuk mematangkan persiapan.

Selain dua multievent, lanjut Tigor, atlet Indonesia juga bakal mengikuti sejumlah ajang besar lainnya, termasuk Kejuaran Atletik Dunia, baik senior maupun remaja.

"Tetapi kalau untuk kejuaraan dunia itu semuanya harus melalui kualifikasi. Semoga ada atlet kita yang lolos," ujar Tigor.

"Kalau Kejuaraan Asia itu tanpa kualifikasi, artinya kita bisa ikut, dan semuanya memang harus ditargetkan, dan puncaknya itu pada September yakni Asian Games Hangzhou," pungkas Tigor.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Diggia Rebut Pole di Mugello, Tim Gresini Terus Beri Kejutan

Diggia sendiri terkejut dengan hasil yang dia raih mengingat dalam tujuh balapan yang telah digelar dia baru sekali mendapat poin.

SPORT | 29 Mei 2022

Ini Tindakan Medis yang Akan Dijalani Marc Marquez

Operasi yang keempat di lengan kanan Marquez bertujuan untuk memulihkan gerakan memutar pada engsel pundaknya seperti sedia kala.

SPORT | 29 Mei 2022

Mendadak Putuskan Operasi, Ini Penjelasan Lengkap Marc Marquez

Keputusan disampaikan secara mendadak di Sirkuit Mugello, Italia, di mana dia juga kembali jatuh di babak kualifikasi.

SPORT | 28 Mei 2022

Atlet Panjat Tebing Indonesia Veddriq Leonardo Juara di AS

Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo mencatatkan waktu 6,33 detik pada babak final speed putra World Cup International Sport Climbing.

SPORT | 28 Mei 2022

Marc Marquez Akan Jalani Operasi di Amerika

Tidak dijelaskan sampai kapan Marquez bakal absen setelah Grand Prix Italia akhir pekan ini.

SPORT | 28 Mei 2022

Tiga Pembalap Italia dan Lima Motor Ducati Start Terdepan di Mugello

Motor, pembalap, dan tim yang menguasai baris terdepan Grand Prix Italia semuanya berasal dari Italia.

SPORT | 28 Mei 2022

Video: Motor Marquez Hancur Lebur di Kualifikasi Mugello

Beruntung Marquez tidak mengalami cedera serius karena langsung berdiri di area gravel dan hanya bisa memandangi kondisi motornya yang hancur dan membara.

SPORT | 28 Mei 2022

Kompetisi Surfing Dunia di Banyuwangi Dorong Sport Tourism

World Surf League Championship Tour 2022 di Pantai Plengkung (G-Land), Banyuwangi, bakal mendorong sport tourism Indonesia.

SPORT | 28 Mei 2022

Menpora Dorong Pengembangan Sport Tourism dan Sport Industry

Menpora Zainudin Amali sedang mendorong sport tourism dan sport industry untuk pengembangan industri nasional yang saat ini  belum dikelola maksimal.

SPORT | 28 Mei 2022

Resmi! Pembalap MotoGP Dilarang Pakai Nomor Legendaris 46

Selain nomor 46, angka lain yang juga“dipatenkan” di kelas MotoGP yaitu #27 (Casey Stoner), #69 (Nicky Hayden), dan #34 (Kevin Schwantz).

SPORT | 28 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Real Madrid Juara, Carlo Ancelotti Torehkan Sejarah

Real Madrid Juara, Carlo Ancelotti Torehkan Sejarah

BOLA | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings