Logo BeritaSatu

Harga Jual Jadi Tantangan Utama Mobil Listrik di Indonesia

Kamis, 11 Agustus 2022 | 18:18 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengungkapkan, masih minimnya penjualan kendaraan listrik di Indonesia salah satunya disebabkan oleh harga jual mobil listrik yang masih tinggi dibandingkan mobil dengan teknologi internal combustion engine (ICE).

"Masalahnya, mobil listrik itu dari segi harga memang belum terjangkau. Bukan tidak bisa, tapi kan segmennya di atas. Kalau nanti ada kendaraan listrik yang harganya seperti mobil yang sekarang laku keras sekitar Rp 250 juta hingga Rp 300 juta, pasti mobil listrik akan banyak dibeli orang," kata Nangoi di pameran GIIAS 2022 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (11/8/2022).

Dipasarkannya mobil listrik Wuling Air ev dengan harga mulai Rp 238 juta diharapkan Nangoi bisa semakin menggairahkan pasar mobil listrik di Indonesia. "Kita lihat nanti, apakah modelnya cocok, sesuai keinginan masyarakat. Kalau iya, pasti penjualannya bisa oke," kata Nangoi.

Terkait harapan dukungan dari pemerintah dalam pengembangan mobil listrik, Nangoi mengatakan sudah cukup banyak dukungan yang diberikan pemerintah, mulai dari PPnBM 0%, bea balik nama nol, hingga bebas aturan ganjil-genap.

"Kendaraan listrik itu memang dari sananya biaya produksinya mahal. Pemerintah kan tidak bisa memberikan subsidi terus. Hari ini kita tidak bisa mengharapkan pemerintah memberikan subsidi," kata Nangoi.

Harga Jual Jadi Tantangan Utama Mobil Listrik di Indonesia
Wuling Motors (Wuling) meluncurkan mobil listrik Air ev secara global dalam pembukaan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, di ICE BSD City, Tangerang, 11 Agustus 2022.

Untuk menekan biaya produksi mobil listrik, kuncinya menurut Nangoi adalah menggunakan lebih banyak komponen dalam negeri.

"Kita menyambut baik ada pabrik baterai mobil listrik. Mudah-mudahan kalau pabrik ini sudah bisa beroperasi, baterainya itu harganya bisa lebih murah dari yang sekarang. Itu harapan kita, jadi makin banyak komponen dalam negeri yang dipakai, harapannya biaya produksinya bisa turun," kata Nangoi.

Terkait rencana pemerintah untuk mengadopsi kendaraan listrik secara penuh mulai 2040, Nangoi belum bisa memprediksi bagaimana nantinya nasib kendaraan ICE.

"Ini kan masih lama, kita tunggu saja. Ini kan alamiah. Kalau nanti masyarakat sudah sanggup beli mobil listrik, lama kelamaan yang ICE kan tidak laku. Kalau tidak laku, pastinya para produsen tidak akan produksi lagi yang ICE," kata Nangoi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ekosistem Kendaraan Listrik Dimulai dari Sistem Energi Nasional

Ekosistem yang perlu disiapkan pemerintah untuk pengembangan kendaraan listrik  dimulai dari penataan ulang sistem energi nasional.

OTOMOTIF | 24 September 2022

Tim Mitsubishi Ralliart Akan Berkompetisi di AXCR 2022

Tim Mitsubishi Ralliart akan berkompetisi di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) dengan dukungan teknis dari Mitsubishi Motors.

OTOMOTIF | 23 September 2022

1,5 Tahun Mengaspal, Harga New Pajero Sport Bekas Masih Tinggi

Mitsubishi New Pajero Sport masih jadi favorit masyarakat di segmen SUV 7 kursi ladder frame.

OTOMOTIF | 22 September 2022

Beralih ke Sepeda Motor Listrik? Ini Aneka Pilihan Modelnya

Terdapat berbagai jenis sepeda motor listrik yang bisa digunakan sebagai sarana transportasi sehari-hari.

OTOMOTIF | 22 September 2022

Busworld Southeast Asia 2022 Bidik Transaksi Rp 4 Triliun

Pemeran Busworld Southeast Asia 2022 akan hadir di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada tanggal 5- 7 Oktober 2022 mendatang.

OTOMOTIF | 20 September 2022

Permintaan Komponen Otomotif Dharma Polimetal Naik 30%

Emiten produsen komponen otomotif, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) mengalami lonjakan permintaan dibandingkan rata-rata permintaan Januari-April 2022.

OTOMOTIF | 20 September 2022

Penjualan Mobil Listrik di 2022 Sudah Lampaui Tahun Lalu

Harga mobil listrik tergolong tinggi dan mayoritasnya berstatus impor, hanya dua merk yang diproduksi dalam negeri Wuling Air ev dan Hyundai Ioniq 5

OTOMOTIF | 20 September 2022

Menhub: Konversi Kendaraan BBM ke Listrik Diupayakan Dapat Subsidi

Kemenhub mengupayakan pemberian subsidi dapat dilakukan terhadap biaya konversi kendaraan bermotor berbahan bakar minyak (BBM) ke KBLBB.

OTOMOTIF | 20 September 2022

SPKLU EVCuzz Raih Penghargaan Indonesia Golden Award 2022

EVCuzz, sebagai salah satu operator SPKLU (stasiun pengisian kendaraan listrik umum) meraih penghargaan Indonesia Golden Award 2022.

OTOMOTIF | 19 September 2022

AHM Luncurkan Motor Sport New Honda CBR250RR, Ini Harganya

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan New CBR250RR dengan mengadopsi karakter motor besar dalam keseluruhan desain bodi, fitur, dan performa mesin.

OTOMOTIF | 19 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jelang Kunjungan Kamala Harris, Korut Lepas Rudal Balistik

Jelang Kunjungan Kamala Harris, Korut Lepas Rudal Balistik

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings