Logo BeritaSatu

Ongkos Mobil Listrik Lebih Murah daripada BBM, Ini Hitungannya

Kamis, 11 Agustus 2022 | 21:20 WIB
Oleh : Herman / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - PT PLN (Persero) terus memperkuat ekosistem kendaraan listrik atau mobil listrik di Indonesia. Pasalnya kendaraan listrik tidak hanya ramah lingkungan, namun juga lebih hemat jika dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar minyak (BBM).

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril menyampaikan, satu liter BBM setara dengan 1,2 kWh listrik dengan jarak tempuh yang sama. Satu liter BBM rata-rata jarak tempuhnya sekitar 10 kilometer (km).

"Untuk BBM jenis Pertamax, satu liternya itu Rp 12.500. Kalau 1,2 kWh, biayanya sekitar Rp 1.900. Jadi biayanya tidak sampai 20% kalau dibandingkan pakai BBM," kata Bob Saril saat ditemui di pameran GIIAS 2022 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (11/8/2022).

Untuk memperkuat ekosistem kendaraan listrik, pembangunan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) juga terus diperluas. Dari data Kementerian ESDM hingga akhir Juli 2022, terdapat sebanyak 332 unit SPKLU di 279 lokasi publik.

Jumlah ini merupakan gabungan antara SPKLU PLN dan SPKLU yang dibangun oleh pihak ketiga. Targetnya pada 2025, jumlah SPKLU menjadi sebanyak 6.318 unit.

Bob menambahkan, PLN juga terus membuka kesempatan untuk menjalin kemitraan dengan publik dalam membuka SPKLU untuk mengisi daya mobil listrik. "Untuk program kemitraan, sementara ini kita menyediakan yang medium charging. Kita lihat di pusat-pusat perbelanjaan, di restoran, ini kan pas waktunya, tidak cepat dan juga tidak lambat. Untuk investasi awal, sekitar Rp 100 juta sudah cukup," terang Bob.

Mobil listrik di Indonesia kian populer seiring dengan kesadaran masyarakat menuju gaya hidup go green. Dalam beberapa tahun terakhir, industri otomotif telah melalui banyak perubahan. Salah satunya kehadiran mobil listrik yang akan membuka jalan menuju masa depan lebih ramah lingkungan.

Meningkatnya tren pemakaian mobil listrik di Indonesia juga didorong dukungan pemerintah. Beberapa keuntungan pemakaian mobil listrik antara lain akan mengurangi pencemaran lingkungan, menghemat energi, serta menghemat pengeluaran biaya operasional, baik secara individu atau pengeluaran daerah dan negara.

Dukungan pemerintah dalam meningkatnya tren mobil listrik antara lain dimulai pemberlakuan insentif pajak kendaran listrik hingga keringanan biaya pengisian listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Sedangkan di sisi konsumen, lonjakan kenaikan harga BBM juga menjadi salah satu dorongan utama dari masyarakat untuk mempertimbangkan memiliki kendaraan listrik.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ekosistem Kendaraan Listrik Dimulai dari Sistem Energi Nasional

Ekosistem yang perlu disiapkan pemerintah untuk pengembangan kendaraan listrik  dimulai dari penataan ulang sistem energi nasional.

OTOMOTIF | 24 September 2022

Tim Mitsubishi Ralliart Akan Berkompetisi di AXCR 2022

Tim Mitsubishi Ralliart akan berkompetisi di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) dengan dukungan teknis dari Mitsubishi Motors.

OTOMOTIF | 23 September 2022

1,5 Tahun Mengaspal, Harga New Pajero Sport Bekas Masih Tinggi

Mitsubishi New Pajero Sport masih jadi favorit masyarakat di segmen SUV 7 kursi ladder frame.

OTOMOTIF | 22 September 2022

Beralih ke Sepeda Motor Listrik? Ini Aneka Pilihan Modelnya

Terdapat berbagai jenis sepeda motor listrik yang bisa digunakan sebagai sarana transportasi sehari-hari.

OTOMOTIF | 22 September 2022

Busworld Southeast Asia 2022 Bidik Transaksi Rp 4 Triliun

Pemeran Busworld Southeast Asia 2022 akan hadir di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada tanggal 5- 7 Oktober 2022 mendatang.

OTOMOTIF | 20 September 2022

Permintaan Komponen Otomotif Dharma Polimetal Naik 30%

Emiten produsen komponen otomotif, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) mengalami lonjakan permintaan dibandingkan rata-rata permintaan Januari-April 2022.

OTOMOTIF | 20 September 2022

Penjualan Mobil Listrik di 2022 Sudah Lampaui Tahun Lalu

Harga mobil listrik tergolong tinggi dan mayoritasnya berstatus impor, hanya dua merk yang diproduksi dalam negeri Wuling Air ev dan Hyundai Ioniq 5

OTOMOTIF | 20 September 2022

Menhub: Konversi Kendaraan BBM ke Listrik Diupayakan Dapat Subsidi

Kemenhub mengupayakan pemberian subsidi dapat dilakukan terhadap biaya konversi kendaraan bermotor berbahan bakar minyak (BBM) ke KBLBB.

OTOMOTIF | 20 September 2022

SPKLU EVCuzz Raih Penghargaan Indonesia Golden Award 2022

EVCuzz, sebagai salah satu operator SPKLU (stasiun pengisian kendaraan listrik umum) meraih penghargaan Indonesia Golden Award 2022.

OTOMOTIF | 19 September 2022

AHM Luncurkan Motor Sport New Honda CBR250RR, Ini Harganya

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan New CBR250RR dengan mengadopsi karakter motor besar dalam keseluruhan desain bodi, fitur, dan performa mesin.

OTOMOTIF | 19 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hadiri Pemakaman Shinzo Abe, Wapres Ma'ruf Amin Tiba di Tokyo

Hadiri Pemakaman Shinzo Abe, Wapres Ma'ruf Amin Tiba di Tokyo

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings