Logo BeritaSatu

Permintaan Komponen Otomotif Dharma Polimetal Naik 30%

Selasa, 20 September 2022 | 20:25 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Emiten produsen komponen otomotif, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) mengalami lonjakan permintaan dibandingkan rata-rata permintaan bulan Januari-April 2022. Bahkan perseroan memperkirakan permintaan komponen otomotif Oktober naik 35%.

Presiden Direktur PT Dharma Polimetal Irianto Santoso mengatakan permintaan komponen otomotif produksi perseroan pada bulan Agustus naik 20%. Adapun komponen otomotif Dharma Polimetal untuk September ini diperkirakan naik 30%. Bahkan untuk bulan Oktober diperkirakan naik 35% dari rata-rata permintaan periode Januari sampai April 2022. “Permintaan di kuartal tiga, di luar bulan Juli sudah sangat bagus, semoga kuartal empat nanti lebih bagus lagi,” kata dia dalam keterangan resmi, Selasa (20/9/22).

Ia menambahkan, lonjakan permintaan komponen otomotif pada kuartal ketiga terjadi karena kelangkaan semikonduktor akibat lockdown di Shanghai yang sempat menghambat produksi otomotif sudah teratasi. Bersamaan dengan proses pemulihan pasokan semikonduktor, pemulihan ekonomi Indonesia pascapandemi tengah berlangsung. “Sejauh ini kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tidak sampai menghentikan pertumbuhan permintaan komponen otomotif,” ujarnya.

Alasan-alasan tersebut, lanjut Irianto, menjadikan DRMA tetap optimistis target pertumbuhan revenue 2022 sebesar 20% dan pertumbuhan laba bersih sebesar 50% akan dapat tercapai. Sementara hingga semester I 2022 DRMA membukukan laba bersih sebesar Rp 144,59 miliar, naik 44% secara tahunan. Lonjakan laba bersih tersebut didukung keberhasilan perseroan mencatatkan penjualan sebesar Rp 1,59 triliun, meningkat 22% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Berdasarkan catatan, perseroan melakukan sejumlah inovasi dengan menangkap peluang di era kendaraan listrik di Indonesia. Prototype kendaraan listrik roda tiga dengan merek PowerAce telah dirancang. Demikian juga dengan pengembangan battery pack, battery management system, body, dan chasis part yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan listrik.

Selain itu, DRMA telah berinvestasi pada peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan teknologi untuk mengantisipasi perkembangan tren kendaraan listrik ke depannya. “Kami terus berinovasi untuk menjaga kepercayaan dari merek otomotif terkemuka yang memiliki standar tinggi dalam produknya. Perseroan berupaya meningkatkan keahlian dan keterampilan teknis terbaik agar dapat mempertahankan kualitas produk- produk yang dihasilkan," kata dia.

Sebagai informasi, mengacu pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) pada Januari-Juli 2022, penjualan mobil wholesales mencapai 561.287 unit atau naik 22%, dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya yang hanya 460.105 unit.

Penjualan mobil wholesales tahun ini sudah mendekati angka penjualan sebelum masa pandemi, pada Januari-Juli 2019 sebanyak 570.331 unit. Peningkatan penjualan otomotif akan berdampak langsung terhadap permintaan komponen otomotif produk DRMA, karena perseroan merupakan pemasok untuk produsen besar otomotif roda empat dan roda dua di Indonesia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pasar Otomotif Pulih, Ini Strategi BOLT Genjot Penjualan

Sejalan pulihnya permintaan otomotif pascapandemi, PT Garuda Metalindo Tbk (BOLT) mendorong penjualan dengan pengembangan produk dan pemasaran.

OTOMOTIF | 25 November 2022

Menhub: Mobil Listrik Masih Baru, Semoga Menginspirasi Masyarakat

Menhub berharap, mobil listrik yang relatif baru dapat menginspirasi masyarakat untuk memilikinya.

OTOMOTIF | 22 November 2022

Keuntungan Kendaraan Listrik, Lebih Irit hingga Dapat Insentif

Menhub Budi Karya membeberkan keuntungan menggunakan kendaraan listrik dibanding konvensional.

OTOMOTIF | 22 November 2022

Puji Investasi Toyota, Airlangga: Masa Depan Kendaraan Listrik Cerah

"Semoga investasi Toyota dalam mendukung pengembangan kendaraan listrik di Indonesia dapat memunculkan investasi-investasi baru lainnya," kata Airlangga.

OTOMOTIF | 21 November 2022

Ini Keunggulan Sistem Hybrid di Kijang Innova Zenix

Toyota menyematkan teknologi Toyota hybrid system generasi ke-5 pada All New Kijang Innova Zenix Hybrid.

OTOMOTIF | 21 November 2022

Kijang Innova Zenix Hybrid Bakal Diekspor ke 13 Negara

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah memulai produksi All New Kijang Innova Zenix di pabrik perakitan Toyota di Karawang, Jawa Barat.

OTOMOTIF | 21 November 2022

Kijang Innova Zenix Hybrid Resmi Diluncurkan, Segini Harganya

PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan All New Kijang Innova Zenix Hybrid. Kendaraan ini jadi model hybrid pertama yang diproduksi Toyota di Indonesia

OTOMOTIF | 21 November 2022

Kijang Innova Zenix Hybrid Mulai Diproduksi di Indonesia

Toyota memulai produksi kendaraan listrik pertamanya di Indonesia. Kijang Innova Zenix menjadi mobil hybrid pertama yang diproduksi Toyota di Indonesia.

OTOMOTIF | 21 November 2022

TMMIN Bakal Luncurkan Pabrik Mobil Listrik Toyota Hari Ini

Untuk mendukung pengembangan mobil listrik Toyota, TMMIN hari ini akan meluncurkan faslitas produksi mobil listrik barunya di pabrik Karawang I.

OTOMOTIF | 21 November 2022

Ke VWD 2023, Pria Ini Akan Touring dari Jakarta ke Swiss Pakai Vespa Listrik

Untuk ikut merayakan Vespa World Day (VWD) 2023 di Swiss, Siar bersama rekannya, Joe, berencana untuk mengendarai vespa dari Jakarta ke Swiss.

OTOMOTIF | 21 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Longsor Tutup Jalan Lembang Maribaya

Longsor Tutup Jalan Lembang Maribaya

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE