Ernest Prakasa Berharap Seleksi Terbuka PSI Ditiru Partai-partai Lain

Ernest Prakasa Berharap Seleksi Terbuka PSI Ditiru Partai-partai Lain
Ernest Prakasa di acara Konvensi Pilkada 2020 PSI di Basecamp PSI, Jakarta, Sabtu (18/1/2020). ( Foto: Ist )
Yustinus Paat / FMB Sabtu, 18 Januari 2020 | 19:24 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggelar seleksi terbuka untuk para bakal Wali Kota/ Wakil Wali Kota Tangerang Selatan dengan melibatkan para panelis independen. Salah satunya adalah sineas Ernest Prakasa.

“Ini pertama kali saya terlibat pada proses politik di luar memberi suara di bilik suara. Dengan segala kekurangan dan kelebihannya, saya masih percaya bahwa demokrasi adalah opsi terbaik untuk kita saat ini. Proses seleksi yang dilakukan PSI ini adalah satu hal yang sehat pada demokrasi kita,” kata Ernest dalam dalam konferensi pers di sela-sela penyelenggaran seleksi, di Basecamp PSI, Jakarta, Sabtu (18/1/2020).

Ernest berharap langkah dan cara PSI diikuti partai lain. Menurut dia, seleksi kepala daerah melalui konvensi akan membuat demokrasi semakin berkualitas.

“Semoga langkah PSI ini ditiru, semoga memprovokasi partai-partai lain untuk berlomba-lomba melakukan keterbukaan seperti ini. Kalau semua partai berlomba-lomba seperti ini, saya yakin, siapa pun yang terpilih, demokrasi kita yang menang," tutur dia.

Dia kemudian mengulangi cerita ketua Umum DPP PSI Grace Natalie yang bilang ada kepala daerah mau menawarkan ratusan juta untuk mendapatkan dukungan PSI.

“Gila, kecil amat. Mengelola budget triliunan kok nyogoknya ratusan juta. Tapi, ya, politik uang mengacaukan atau menjadi parasit yang luar biasa merusak demokrasi kita. Jadi ini adalah proses yang saya dukung sepenuh hati,” kata Ernest.

Komedian ini juga memuji kemajemukan para peserta yang berasal dari aneka rupa, suku, jenis kelamin, dan penampilan.

“Mulai dari yang potongannya sudah pejabat banget, sampai yang di belakang saya ini. Saya sampai dia apa profesinya, kok kaya juragan handphone, ya,” ujarnya berseloroh.

Ada 18 bakal kandidat untuk kepala daerah Tangerang Selatan yang mengikuti seleksi terbuka ini. Latar belakang kandidat berasal dari lintas kalangan dan profesi. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah putri Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Siti Nur Azizah. 



Sumber: BeritaSatu.com