Logo BeritaSatu

Jokowi: Banyak yang Kaget akan Kemampuan Indonesia Turunkan Covid-19

Senin, 17 Januari 2022 | 13:37 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan banyak negara atau pemimpin negara yang kaget melihat Indonesia mampu menurunkan kasus harian Covid-19 menjadi ratusan kasus saja dari awalnya mencapai 56.000 kasus per hari.

“Banyak yang kaget kenapa Indonesia bisa tahu-tahu turun dari 56.000 (kasus harian) ke hanya angka ratusan (per hari),” kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Bandung, Jawa Barat, Senin (17/1/2022).

Kondisi pandemi Covid-19 yang sudah bisa dikendalikan, menurut Jokowi, suatu hal yang patut disyukuri. Bila mengingat saat munculnya pandemi di pertengahan Juli 2020, telah menimbulkan kengerian di mana-mana. Lonjakan kasus Covid-19 membuat lorong dan halaman rumah sakit, khususnya di Pulau Jawa dan Bali menjadi penuh pasien Covid-19.

“Kasus harian saat itu, saya ingat, 56.000 kasus harian. Dan patut kita bersyukur hari ini, kemarin berada di angka 855 kasus dari 56.000. itu pun sudah naik, yang sebelumnya kita sudah berada di angka 100-200,” ujar Jokowi.

Indonesia bisa menurunkan angka kasus harian menjadi sekitar ratusan per hari, Jokowi menegaskan hal itu dikarenakan nilai Pancasila diterapkan oleh masyarakat. Nilai yang dimaksud adalah kegotongroyongan. Nilai ini yang tidak dimiliki oleh negara-negara besar lain di dunia.

“Kenapa kita bisa menurunkan drastis dari 56.000 ke angka 100-an, itu karena kita memiliki yang namanya gotong royong. Pancasila kita ada disitu. Negara besar tidak memiliki,” terang Jokowi.

Negara besar di dunia, kata Jokowi, tidak memiliki rakyat yang mau memberikan rumah mereka untuk isolasi atau karantina bagi tetangga yang terkena Covid-19. Selain itu, tidak mempunyai warga dengan ekonomi baik membantu warga yang sedang kesusahan karena terdampak Covid-19.

“Mereka tidak mempunyai bahwa rakyat di desa, rakyat RT, rakyat kita di RW, mau memberikan rumahnya untuk isolasi, untuk karantina. Yang berpunya mau memberikan sembako kepada yang baru kesusahan karena pandemi. Dan, itu saya lihat betul implementasi dari Pancasila itu ada. Masih kuat sekali kegotongroyongan kita. Itu yang tidak dimiliki oleh negara lain,” jelas Jokowi.

Gotong royong, lanjut Jokowi, menjadi kunci dalam penanganan dan pengendalian Covid-19 di Tanah Air. Tidak hanya pemerintah saja yang bergerak, tetapi juga bersama-sama pemerintah daerah, TNI, Polri, organisasi rakyat hingga perangkat daerah di bawah bergerak semuanya.

“Ya kuncinya di situ. Semuanya bergerak. Pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, organisasi-organisasi rakyat, perangkat kita yang sampai ke bawah semuanya,” tegas Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tabrakan Maut Tewaskan 2 Orang di Pancoran, Polisi Olah TKP

Polda Metro Jaya melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) tabrakan beruntun yang mengakibatkan dua orang tewas di kawasan Pancoran.

NEWS | 26 Mei 2022

Kapal Migran Tenggelam di Tunisia, 75 Orang Hilang

Satu kapal migran tenggelam di lepas pantai Tunisia dan mengakibatkan 75 orang hilang. Operasi penyelamatan hanya berhasil menemukan satu mayat

NEWS | 26 Mei 2022

Libur Kenaikan Isa Almasih, ke Puncak Berlaku Sistem One Way

Kawasan Puncak kembali padat pada libur Kenaikan Isa Almasih membuat petugas  Polres Bogor memberlakukan kebijakan satu arah.

NEWS | 26 Mei 2022

Panel Jerman: Satu Dosis Vaksin Covid Cukup untuk Anak

Panel Jerman menyatakan satu dosis vaksin Covid-19 sudah cukup untuk anak berusia lima hingga 11 tahun yang sehat.

NEWS | 26 Mei 2022

B-20 Indonesia Cari Cara Buka Potensi Rp 8.000 T dari Pasar Karbon

Ketua B-20 Shinta W. Kamdani mengatakan, pasar atau perdagangan karbon dapat mendukung upaya pemerintah mengurangi emisi karbon.

NEWS | 26 Mei 2022

Ketua MK Anwar Usman Resmi Jadi Adik Ipar Presiden Jokowi

Ketua MK Anwar Usman resmi menjadi adik ipar Presiden Jokowi setelah menikah dengan Idayati.

NEWS | 26 Mei 2022

Dari Covid-19 hingga Migor, Ini Sederetan Tugas "Menteri Serba Bisa" Luhut

Dari Covid-19 hingga minyak goreng, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sering ditunjuk Jokowi mengatasi masalah yang bukan bidangnya.

NEWS | 26 Mei 2022

Dua Ledakan Bom di Afghanistan, 11 Orang Tewas

Dua ledakan bom di Afghanistan menewaskan sedikitnya 11 orang. serangkaian ledakan terpisah menghantam masjid di Kabul dan kendaraan

NEWS | 26 Mei 2022

Ini Tamu Penting di Acara Pernikahan Anwar Usman-Idayati

Sejumlah tamu penting berdatangan di acara pernikahan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dengan Idayati, adik kandung Jokowi.

NEWS | 26 Mei 2022

Pernikahan Ketua MK dengan Adik Jokowi Berjalan Lancar

Pernikahan Ketua MK (Mahkamah Konstitusi) Anwar Usman dan adik Jokowi Idayati di Kota Solo berlangsung dengan lancar.

NEWS | 26 Mei 2022


TAG POPULER

# BRI Majalengka


# Perumahan Pantai Mutiara


# UU PPP


# UAS


# Harga CPO


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tabrakan Maut Tewaskan 2 Orang di Pancoran, Polisi Olah TKP

Tabrakan Maut Tewaskan 2 Orang di Pancoran, Polisi Olah TKP

NEWS | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings