Logo BeritaSatu

Bagnaia Juara di Assen, Quartararo Jatuh 2x

Minggu, 26 Juni 2022 | 20:06 WIB
Oleh : Heru Andriyanto / HA

Beritasatu.com – Fransesco Bagnaia menjadi pembalap Ducati pertama yang bisa menang di Sirkuit Assen, Belanda dalam 14 tahun sementara pemimpin klasemen Fabio Quartararo jatuh dalam balapan yang dramatis, Minggu (26/6/2022).

Peringkat dua klasemen Aleix Espargaro yang terlibat dalam insiden bersama Quartararo akhirnya bisa finis keempat dan memangkas jarak di klasemen menjadi 21 poin dari sebelumnya 34.

Advertisement

Sementara itu Rookie MotoGP Marco Bezzecchi meraih hasil terbaik dalam karirnya dengan finis kedua yang pasti membuat bangga pemilik tim Mooney VR46, Valentino Rossi.

Podium ketiga direbut oleh Maverick Vinales untuk melengkapi kisah heroik tim Aprilia Racing dalam balapan tersebut setelah aksi luar biasa yang ditunjukkan Espargaro.

Sempat tercecer ke posisi 15 karena terseret ke jebakan gravel setelah bertabrakan dengan Quartararo, Espargaro mampu kembali ke trek dan melanjutkan balapan, menyalip satu demi satu lawan di depannya.

Dia sangat layak mendapat penghargaan man of the race karena di tikungan terakhir putaran terakhir, Espargaro melibas dua pembalap sekaligus yaitu Brad Binder (Red Bull KTM) dan Jack Miller (Ducati Lenovo) untuk makin memperkecil jaraknya dari puncak klasemen.

Bukan tidak mungkin kalau balapan ditambah satu putaran lagi, pembalap veteran itu akan finis di atas podium.

Bagnaia mengakhiri dominasi Yamaha dan Honda di Sirkuit Assen sejak 2009 dan menang secara meyakinkan dari pole position, setelah sebelumnya juga memecahkan rekor waktu putaran di sirkuit legendaris tersebut.

Pembalap Ducati sebelum dia yang menang di Assen adalah Casey Stoner pada musim 2008.

Quartararo yang tidak pernah gagal mendapat poin dan tidak pernah jatuh dalam balapan musim ini sebelum Grand Prix Belanda akhirnya jatuh juga, bukan hanya sekali tetapi dua kali.

Pertama ketika dia mencoba menyalip Espargaro untuk merebut posisi dua di tikungan kelima. Si pembalap Aprilia seperti membuka pintu bagi Quartararo, tetapi kemudian menutupnya ketika mereka berdua sudah berdampingan.

Di pihak lain, Quartararo kehilangan kendali ban depan sehingga jatuh dan terjepit motornya sendiri, menyeret motor Aprilia dan penunggangnya ke gravel.

Espargaro bisa tetap di atas motor dan melanjutkan lomba. Dia menjadi satu-satunya pembalap MotoGP musim ini yang belum pernah kehilangan poin sekali pun.

Quartararo juga melanjutkan balapan di posisi terakhir, lalu masuk pit untuk berkonsultasi dengan timnya dan kembali ke trek.

Pada putaran ke-14, seperti ada masalah pada motornya dan dia kembali jatuh terpelanting, lagi-lagi di tikungan lima. Untungnya dia bisa bangkit dan tidak mengalami cedera serius.

Usai balapan, secara sportif Quartararo menuju ke garasi Aprilia untuk menyalami dan meminta maaf pada Espargaro.

Pembalap Pramac Racing Jorge Martin yang start dari posisi tiga akhirnya hanya bisa finis di urutan tujuh.

Duo Suzuki Ecstar Joan Mir dan Alex Rins berturut-turut finis ke-8 dan ke-10 sementara di antara mereka berdua terdapat pembalap Red Bull KTM Miguel Oliveira.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Klasemen MotoGP setelah Grand Prix Inggris

Jarak Bagnaia dengan Quartararo memang masih 49 poin, tetapi untuk memberikan perspektif mereka berdua pernah terpaut 90 poin lebih.

SPORT | 7 Agustus 2022

Hasil Lengkap MotoGP Inggris

Belum ada pembalap lain yang menyamai atau melebihi jumlah kemenangan Bagnaia dari 12 seri yang telah digelar sepanjang 2022.

SPORT | 7 Agustus 2022

Balap Sepeda Maraton GFNY Bali Pacu Pemulihan Pariwisata

Sebanyak 2.000 peserta baik dari dalam dan luar negeri meramaikan kejuaraan balap sepeda Gran Fondo New York (GFNY) 2022 yang digelar di Gianyar, Bali.

SPORT | 7 Agustus 2022

Persunting Mitha Hardiyanti, Vito Lepas Masa Lajang

Pebulutangkis tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito resmi melepas masa lajang. Vito, sapaan akrabnya, meminang dara cantik bernama Mitha Hardiyanti.

SPORT | 7 Agustus 2022

Bagnaia Menang, Ducati Dominasi Sirkuit Silverstone

Fransesco Bagnaia dan tiga penunggang motor Ducati lainnya menguasi empat dari lima posisi terdepan di Sirkuit Silverstone.

SPORT | 7 Agustus 2022

Gaganjeet Bhullar Juarai Mandiri Indonesia Open 2022

Gaganjeet Bhullar mencetak rekor di final Mandiri Indonesia Open 2022 di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, Minggu (7/8/2022).

SPORT | 7 Agustus 2022

Kontingen Jateng Juara Umum Bulutangkis Piala Presiden 2022

Kontingen Jateng sukses meraih juara umum pada kejuaraan bulutangkis Piala Presiden 2022 yang berlangsung di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta.

SPORT | 7 Agustus 2022

Hasil Lengkap Kualifikasi MotoGP Inggris

Setelah jeda satu bulan lebih, kompetisi MotoGP kembali digelar di Sirkuit Silverstone, Inggris.

SPORT | 6 Agustus 2022

Johann Zarco Rebut Pole dan Pecahkan Rekor di Silverstone

Johann Zarco memecahkan rekor Sirkuit Silverstone dengan catatan waktu 1 menit 57,767 detik.

SPORT | 6 Agustus 2022

Tutup ASEAN Para Games 2022, Jokowi: Terima Kasih Warga Solo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menutup perhelatan ASEAN Para Games XI Tahun 2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (6/8/2022).

SPORT | 6 Agustus 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Bharada E


# Polisi Tembak Polisi


# Liga Inggris


# Man City


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Badai Pasir Landa Madinah, Jemaah Haji Indonesia Dipastikan Aman

Badai Pasir Landa Madinah, Jemaah Haji Indonesia Dipastikan Aman

NEWS | 40 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings