Logo BeritaSatu

Dinilai Kurang Siap, 3 Wakil Indonesia Ditarik dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:15 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Tiga wakil Indonesia ditarik mundur dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Mereka terpaksa absen dari kejuaraan yang bakal berlangsung di Tokyo, Jepang, 22-28 Agustus tersebut karena dinilai kurang siap untuk tampil.

Kepastian ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky. Mereka yang terpaksa mundur adalah Mychelle Crhystine Bandaso, Putri Syaikah, dan Shesar Hiren Rhustavito. Ketiga pemain ini dinilai oleh Rionny kurang siap untuk bertarung ke kejuaraan penting dan bergengsi tersebut.

"Ya, ketiga pemain tersebut sudah pasti kita tarik dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis. Ini karena mereka sebelumnya memang saya targetkan kalau dalam dua minggu terakhir ini mereka tidak bisa ke lapangan dengan program full, maka kita tarik, karena mereka tidak siap untuk bertanding," kata Rionny usai melatih kepada Tim Humas dan Media PP PBSI di Pelatnas Cipayung, Senin (8/8/2022).

Dengan begitu, pasangan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso di ganda campuran, Putri Syaikah/Nita Violina Marwah (ganda putri), dan Shesar Hiren Rhustavito (tunggal putra) batal membela Skuad Garuda berlaga pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Dituturkan oleh Rionny, Mychelle memang sudah menjalani terapi. Hasilnya juga sudah membaik. Dia juga sudah mencoba untuk latihan di Pelatnas Cipayung bersama teman-temannya. Namun dia belum bisa bergerak normal.

"Jadi dia harus terapi lagi, tapi saya rasa itu sudah maksimal. Kalau dalam 10 hari mereka tidak bisa ikut program yang full, saya anggap mereka tidak siap. Juga saya tanya kembali ke pemain, Mychelle menyebut memang tidak siap bertanding. Jadi kita tarik dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022," jelas Rionny.

Setali tiga uang dengan Putri Syaikah yang akrab disapa Chika ini. Dijelaskan oleh Rionny, selama dua bulan ini, cedera lutut Chika sudah membaik. Dia juga sudah mencoba untuk joging dan berlatih kembali. Hasilnya juga menggembirakan.

Melihat perkembangan ini, Rionny dan pelatih sebisa mungkin berusaha untuk mempertahankan. Mereka pun berharap Chika bisa pulih dan ikut bertanding ke Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

"Tetapi ternyata sama saja. Untuk level pertandingan internasional atau Kejuaraan Dunia, dengan persiapan hanya dua minggu, meski kita paksakan saya rasa tidak mungkin. Dan atletnya pun sudah menyerah karena tidak sanggup. Jadi kita ambil keputusan untuk menarik Chika dari Kejuaraan Dunia," papar Rionny.

Lalu, bagaimana dengan Shesar Hiren Rhustavito?

"Kalau Vito memang dari penguatan karena dia mengalami cedera di bagian betis, dia pun sebenarnya sudah mencoba melakukan latihan penguatan dengan bersepeda. Tetapi dalam dua minggu terakhir hingga pekan lalu, dia tidak bisa masuk lapangan untuk latihan. Walaupun hanya untuk mencoba, dia tetap tidak bisa. Jadi kita menilai Vito tidak siap bertanding. Ketika kita tanya, atletnya pun merasa tidak siap. Maka kita tarik mundur juga," tutur Rionny lagi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BWF World Tour Finals: Dikalahkan Akane, Gregoria "Angkat Koper"

Gregoria gagal ke semifinal BWF World Tour Finals setelah dikalahkan Akane Yamaguchi 15-21, 21-13, 18-21 di laga kedua grup.

SPORT | 9 Desember 2022

BWF World Tour Finals: Kalah Lagi, Apriyani/Fadia Tersingkir

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti kalah dari Chen Qing Chen/Jia Yi Fan di partai ketiga Grup B BWF World Tour Finals 202.

SPORT | 9 Desember 2022

Fajar/Rian Harus Kerja Keras, Ini Jadwal BWF World Tour Finals 2022

Meski sudah meraih dua kemenangan di laga penyisihan BWF World Tour Finals 2022, namun secara perhitungan poin masih belum menguntungkan buat Fajar/Rian.

SPORT | 9 Desember 2022

Apriyani/Fadia Bertekad Menangi Laga Terakhir Grup BWF World Tour Finals

Apriyani/Fadia bertekad memenangi laga pemungkas grup BWF World Tour Finals 2022 untuk menjaga asa lolos ke semifinal.

SPORT | 8 Desember 2022

BWF World Tour Finals: Ketat, Jojo Susah Payah Kalahkan Loh Kean Yew

Kalah 16-21 di gim pertama, Jojo bangkit dan menang di dua gim berikutnya 22-20 dan 21-10 melawan Loh Kean Yew di BWF World Tour Finals 2022.

SPORT | 8 Desember 2022

Eko Yuli Raih Perak Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022

Eko Yuli, juara dunia 2018, mencatatkan total angkatan 300 kg dengan rincian snatch 135 kg dan clean and jerk 165 kg di Kejuaran Dunia Angkat Besi 2022.

SPORT | 8 Desember 2022

BWF World Tour Finals: Luar Biasa, Fajar/Rian Bekuk Hoki/Kobayashi

Fajar/Rian berhasil menang atas Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dua gim sekaligus dengan skor 21-18 dan 21-15 di laga kedua BWF World Tour Finals 2022.

SPORT | 8 Desember 2022

Perpanjang Kontrak, GP Belanda Digelar hingga Tahun 2025

GP Belanda di Zandvoort menjadi salah satu yang paling populer dan penuh warna sejak kembali digelar pada tahun 2021 setelah absen selama 36 tahun.

SPORT | 8 Desember 2022

BWF World Tour Finals: Menang Lagi, Anthony Ginting Berpeluang ke Semifinal

Anthony Ginting sukses menaklukkan Chou Tien Chen 21-14, 12-21, 21-19 dalam laga kedua Grup B BWF World Tour Finals 2022.

SPORT | 8 Desember 2022

BWF World Tour Finals: Kalah, Apriyani/Fadia Janji Maksimal di Laga Penentu

Apriyani/Fadia kalah dua gim langsung lewat skor 14-21 dan 19-21 dalam laga kedua Grup B BWF World Tour Finals 2022 di Nimibutr Arena.

SPORT | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BPJS Ketenagakerjaan Catat Peserta Aktif Capai 36 Juta Tenaga Kerja

BPJS Ketenagakerjaan Catat Peserta Aktif Capai 36 Juta Tenaga Kerja

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE