Logo BeritaSatu

Gus Nabil: Pendekar Pencak Silat Junjung Pancasila

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 21:51 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Wakil Ketua Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) Muchamad Nabil Haroen atau disapa Gus Nabil menegaskan pendekar pencak silat menjunjung nilai-nilai Pancasila. Para pendekar pencak silat membela diri, keluarga, negara, dan kaum miskin, lemah maupun tertindas.

“Pendekar pencak silat adalah kesatria pemberani yang tak pernah memiliki gemuruh kebencian dalam jiwa dan raganya. Pencak silat mengenal kemanusiaan, kasih sayang dan kesucian setiap individu, agama, budaya, ras di dunia ini,” kata Gus Nabil dalam sambutannya mewakili Ketua Umum PB IPSI Prabowo Subianto, pada Kejuaraan Pencak Silat Internasional Open Championship 2022 di TMII Jakarta, Sabtu (13/8/2022).

Gus Nabil menambahkan pencak silat mengajarkan dan menempa seorang pendekar menjadi insan yang tegap dan berani membela kebenaran, termasuk kemanusiaan. “Berkumpulnya ribuan pendekar pencak silat hari ini, di sini, adalah sedikit bukti jika pencak silat telah menyatukan kita semua yang berbeda-beda bangsa, yang berbeda-beda suku dan berbeda bahasa,” ujarnya.

Gus Nabil meyakini antara pendekar pencak silat mungkin tidak saling tahu bahasa daerah atau negara masing-masing. Namun, kata dia, hal tersebut merupakan keindahan pencak silat, karena bisa berkomunikasi dengan jurus-jurus dan gerakan, sehingga menjadi satu frekuensi yang harmoni.

“Pencak silat adalah sebuah seni bela diri yang memperkuat mental dan karakter, menjunjung tinggi keyakinan bahwa sejatinya kepintaran, kekuatan, kehebatan akan kalah dengan kesabaran dan keikhlasan,” ucapnya.

Gus Nabil menegaskan pencak silat adalah seni bela diri asli Indonesia. Menurutnya, pencak silat tidak hanya salah satu warisan budaya dunia yang diakui UNESCO, tetapi juga telah menjadi seni bela diri mendunia. Artinya, sudah selayaknya, bela diri ini dilestarikan dan dilebarkan sayapnya.

“Pencak silat juga sudah diakui insan film dunia sebagai seni tingkat tinggi. Kita tahu, beberapa film Hollywood telah menggunakan silat sebagai nyawa utama dalam koreografinya,” kata Gus Nabil.

Gus Nabil mengatakan pencak silat juga menjadi bagian penting soft power diplomacy. Dengan pencak silat, Indonesia dapat menjalin hubungan baik antara negara, komunitas, termasuk warga dunia.

“Ini menjadi kekuatan kita semua, menjadikan pencak silat sebagai media diplomasi kemanusiaan. Jika masyarakat dunia saja semakin menerima dan menggemari pencak silat, kenapa kita yang memilikinya tidak merasa bangga untuk melestarikannya?,” tuturnya.

Gus Nabil berharap pencak silat dapat menjadi dikuasai oleh aparat keamanan negara, seperti Polri dan TNI sebagai keahlian bela diri yang utama. Setelah itu, kata dia, barulah mempelajari ilmu bela diri dari negeri lain. “Mari kita harumkan nama pencak silat, nama Indonesia di kancah dunia,” kata Gus Nabil.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

47 Pelari Nasional Terdaftar di Borobudur Marathon 2022

Sebanyak 47 pelari elite nasional yang direkomendasikan PB PASI telah terdaftar dalam lomba lari bergengsi Borobudur Marathon 2022.

SPORT | 25 September 2022

Pelari Marissa dan Dieyan Siap Bersaing di New York City Marathon 2022

New York City Marathon menempuh jarak sejauh 42, 195 kilometer dan akan dihadiri oleh sekitar 50.000 pelari dari seluruh belahan negara, termasuk Indonesia.

SPORT | 25 September 2022

Jalan Panjang Aspar Jaelolo Comeback di Piala Dunia Panjat Tebing

Momen emosional terlihat jelas saat pemanjat tebing Indonesia Aspar Jaelolo sukses memenangi All Indonesia Final melawan Kiromal Katibin.

SPORT | 25 September 2022

Enea Bastianini Tak Mau Kehilangan Momen di Motegi

Pembalap Gresini Racing Enea Bastianini tidak ingin kehilangan momentum saat balapan MotoGP Jepang 2022 di Sirkuit Motegi.

SPORT | 25 September 2022

Rio Waida Merebut Perak ISA World Surfing Games 2022

Atlet selancar Indonesia Rio Waida meraih medali perak ISA World Surfing Games 2022 yang di Huntington Beach, California, Amerika Serikat.

SPORT | 25 September 2022

Aspar Raih Emas Nomor Speed Putra Piala Dunia Panjat Tebing

Pemanjat tebing Indonesia Aspar Jaelolo mengalahkan rekannya Kiromal Katibin di final nomor speed putra Piala Dunia Panjat Tebing.

SPORT | 24 September 2022

Marquez: Kalau Balapan Kering, Kami Kembali ke Realitas

Ini merupakan pole ke-63 bagi Marquez di kelas MotoGP, dan ke-91 di semua kelas.

SPORT | 24 September 2022

Lima Atlet Speed Putri ke Putaran Final Piala Dunia Panjat Tebing 2022

Desak Made Rita Kusuma Dewi menjadi yang terbaik dengan mencatatkan waktu 6,75 detik pada babak kualifikasi Piala Dunia Panjat Tebing.

SPORT | 24 September 2022

Akhiri Karier dengan Kekalahan, Federer: Saya Tidak Sedih

Tampil di nomor ganda berpasangan dengan Rafael Nadal, Federer kalah dari pasangan Frances Tiafoe/Jack Sock dari tim dunia di ajang Laver Cup.

SPORT | 24 September 2022

Juara Umum Kejurnas Wushu 2022, Tim Wushu DKI Diguyur Bonus Rp 240 Juta

Tim wushu DKI Jakarta mengoleksi total 37 emas yang terdiri dari 30 emas Taolu dan 7 emas Sanda, 21 perak, dan 20 perunggu di Piala Presiden 2022.

SPORT | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Temukan

Temukan "Harta Karun Batavia", Ini yang Akan Dilakukan MRT

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings