Logo BeritaSatu

Oliveira Juara di Thailand, Bagnaia Tinggal 2 Poin dari Quartararo

Minggu, 2 Oktober 2022 | 17:04 WIB
Oleh : Heru Andriyanto / HA

Beritasatu.com – Miguel Oliveira memenangi Grand Prix Thailand untuk mengukuhkan dirinya sebagai raja wet race sementara Fransesco Bagnaia finis ketiga untuk memangkas jarak di klasemen menjadi hanya dua poin atas Fabio Quartararo yang gagal mendapat poin, Minggu (2/10/2022).

Ini merupakan balapan basah kedua musim 2022 setelah Grand Prix Indonesia di Mandalika Maret lalu, yang juga dimenangkan oleh si pembalap Red Bull KTM.

Jack Miller membuktikan bahwa belum ada team order di tim Ducati Lenovo karena dia tetap mempertahankan finis kedua di Sirkuit Buriram. Jika dia membiarkan Bagnaia untuk menyalip, mitranya itu akan mengambil alih pimpinan klasemen dari Quartararo, yang hanya finis ke-17.

Balapan sempat ditunda 55 menit karena hujan deras yang mengguyur sirkuit. Poleman Marco Bezzecchi dari tim Mooney VR46 tidak bisa bertahan lama di posisi terdepan dan juga kena penalti harus turun satu posisi karena melampaui pinggir trek.

Posisi Bezzecchi terus melorot dan akhirnya finis ke-16 atau tanpa poin.

Miller sempat memimpin balapan dan kalau menang dia sebetulnya hanya tertinggal 35 poin dari puncak klasemen, yang akan menjadikannya sebagai salah satu kandidat juara dunia dengan tiga balapan tersisa.

Sayangnya di putaran ke-15 dia disalip oleh Oliveira yang dengan penuh percaya diri mengerem lebih lambat dari si pembalap Australia.

Pembalap Pramac Ducati Johann Zarco sebetulnya menjadi pembalap terkencang di 10 putaran terakhir, dan terus naik posisi hinga urutan empat. Namun, Bagnaia mampu menahan gempuran yang dia berikan di dua putaran terakhir untuk mengamankan posisi podium terakhir.

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez berpeluang meraih hasil podium ke-100 sepanjang karirnya ketika dia seperti biasa mulai menyerang di penghujung balapan dan sempat sekali melewati Bagnaia, meskipun langsung dibalas di tikungan berikutnya.

Akselerasi Zarco yang tidak tertandingi membuyarkan rencana Marquez karena dia juga disalip dan tidak bisa mengejar lagi. Marquez akhirnya harus puas finis kelima.

Enea Bastianini dari tim Gresini Racing bisa meraih hasil bagus dengan finis keenam, mengingat dia tidak dikenal sebagai spesialis balapan basah.

Alex Marquez (LCR Honda) dan Maverick Vinales (Apilia Racing) menuntaskan balapan di posisi tujuh dan delapan, disusul Jorge Martin (Pramac).

Pembalap Red Bull KTM Brad Binder memenangi duel melawan Aleix Espargaro (Aprilia) untuk finis 10 besar. Mereka berdua sempat bersenggolan di awal balapan yang membuat Espargaro terkena long lap penalty, dan kemudian kembali merapat dan melanjutkan duel.

Tiga pembalap terakhir yang finis di zona poin adalah berturut-turut Franco Morbidelli (Yamaha), Alex Rins (Suzuki), dan Pol Espargaro (Repsol Honda).

Kinerja buruk Quartararo sudah terlihat sejak star. Dari posisi empat, dia sudah banyak disalip banyak pembalap sebelum masuk tikungan pertama dan kemudian bersenggolan dengan Alex Marquez yang membuatnya anjlok ke posisi 16. Bukannya mengejar lawan, dia malah selalu disalip pembalap lain.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BWF World Tour Finals 2022, Jojo vs Ginting Buka Laga Pertama

Dua tunggal putra Indonesia Jojo dan Ginting harus saling berhadapan pada laga pembuka Grup B BWF World Tour Finals 2022.

SPORT | 7 Desember 2022

Masuk Grup Berat di BWF World Tour Finals Bagus untuk Apriyani/Fadia

Menurut Eng Hian berada di grup berat di BWF World Tour Finals bagus buat ganda putri Apriyani/Fadia. 

SPORT | 6 Desember 2022

Kejuaraan Dunia Wushu Junior: Indonesia Sabet 2 Emas di Hari Pertama

Kedua medali emas Kejuaraan Dunia Wushu Junior tersebut disumbangkan Josh Tiesto Tanto dan Rainer Reinaldy Ferdiansyah.

SPORT | 6 Desember 2022

One Championship Hadirkan Trilogi Johnson vs Moraes di Amerika

One Fight Night 10: Johnson vs Moraes III pada 6 Mei 2023 di Broomfield, Colorado menandai debut One Championship di negeri Paman Sam.

SPORT | 6 Desember 2022

BWF World Tour Finals 2022: Rinov/Pitha Berpeluang ke Semifinal

Rinov/Pitha tergabung di Grup A BWF World Tour Finals bersama Zheng/Huang, Goh Soon Huat/Shevon dan Thom Gicquel/Delphine Delrue (Perancis).

SPORT | 6 Desember 2022

BWF World Tour Finals 2022: Ganda Putra Puas dengan Hasil Undian

Fajar/Rian yang berstatus unggulan pertama tergabung di Grup A di BWF World Tour Finals bersama Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia), Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

SPORT | 6 Desember 2022

BWF World Tour Finals: Jojo dan Ginting Satu Grup, Fajar/Rian Gabung Hoki/Kobayashi

Indonesia menurunkan tujuh wakilnya di BWF World Tour Finals yang akan berlangsung mulai 7-11 Desember.

SPORT | 6 Desember 2022

Jokowi Terima Penghargaan Tertinggi dari Federasi Wushu Internasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penghargaan Honorary 9th Duan of The International Wushu Federation Grading dari Federasi Wushu Internasional (IWUF).

SPORT | 6 Desember 2022

Fajar/Rian Sabet SabetMost Improved Player of The Year dari BWF

Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses menyabet penghargaan Most Improved Player of The Year dari BWF.

SPORT | 6 Desember 2022

BWF World Tour Finals 2022: Tim Indonesia Asah Kontrol Pukulan

Tim Indonesia yang akan berlaga di ajang BWF World Tour Finals 2022 menggelar latihan pertama di Nimibutr Arena, Bangkok, Senin (5/12) siang.

SPORT | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dua Laga Besar Tersaji, Ini Jadwal Perempat Final Piala Dunia 2022

Dua Laga Besar Tersaji, Ini Jadwal Perempat Final Piala Dunia 2022

SEMESTA BOLA 2022 | 21 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE